X KETO DIET Click Here!

Developed in conjunction with Ext-Joom.com

Yth. Seluruh Warga IKAKIMIA UNHAS

Perlu kami sampaikan bahwa kepengurusan IKAKIMIA UNHAS telah berjalan sejak Januari 2016. Beberapa program telah dan masih dalam tahap pelaksanaan. Ada beberapa dari program tersebut yang membutuhkan anggaran dan adapula yang tidak.

Sejak dijalankannya aktifitas organisasi masih mengandalkan swadaya pengurus dan partisipasi dari warga yang berkenan.

Saat ini pengurus mulai menghimpun dana sebagai salah satu program kerja melalui Iuran anggota. Iuran anggota ini terdiri atas dua jenis, yaitu :

-    Iuran Pangkal : Rp. 100.000,- (hanya sekali seumur hidup)
-    Iuran tahunan : Rp. 100.000,- / tahun

Teknisnya, bagi yang ingin membayar pertahun, maka untuk tahun 2016 ini disilahkan mentransfer sebesar Rp. 200.000,- (Iuran pangkal dan iuran tahunan setahun).

Adapun bagi yang tidak ingin repot dapat mentransfer sekaligus Rp. 600.000,- untuk Iuran pangkal dan iuran tahunan selama 5 tahun (tentunya dengan konfirmasi agar tidak dianggap sumbangan sukarela)

Adapun yang mentransfer lebih dari itu maka selebihnya akan dicatat dan dianggap sebagai donasi.

Untuk Transfer silakan ke rek :


BANK BNI

Nomor Rekening : 0448 217 153


BANK MANDIRI

Nomor Rekening : 152 00 2802015 0

an. IKAKIMIA UNHAS



Iuran pangkal dan tahunan ini merupakan investasi kita untuk pengembangan organisasi IKAKIMIA UNHAS, alumni dan semoga generasi penerus kita, pelanjut yang saat ini masih bergelut di bangku kuliah.

Kami yakin, bahwa kebersamaan seluruh warga ikakimia yang dapat membesarkan organisasi ini. Terima Kasih

Hormat Kami,
Ketua Umum Ikakimia Unhas

TTD

Mappaselle



NB : Bagi yg telah transfer mohon diabaikan

Mari sisihkan untuk kebersamaan kita IKAKIMIA Rp.100.000/tahun =Rp 100.000/12bln =Rp 8.333
Tidak sampai Rp.9.000 perbulan kita sisihkan untuk IKAKIMIA


Kalau bukan kita siapa lagi?
Kalau bukan sekarang kapan lagi?
🙏

Konfirmasi Pembayaran Iuran dapat Anda lakukan melalui :

1. Email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

2. Telepon ke 0813-4291-2912

3. SMS ke 0823-4612-8810

4. WhatsApp ke 0823-4612-8810

Virus komputer adalah suatu program yang sengaja dibuat untuk menyebar dari satu komputer ke komputer lain yang berfungsi untuk menganggu operasi komputer. Virus komputer memiliki berbagai macam cara dalam mengganggu komputer, seperti memperlambat kecepatan komputer, menghilangkan folder, juga bisa membuat komputer restart secara berulang-ulang.

Di sini kita sebut saja beberapa virus yang dapat menghilangkan folder yang berisi dokumen penting, antara lain virus Pendekar blank, virus LunaLight, dan virus Brontok.

Seandainya komputer Anda terserang virus-virus di atas, maka sebaiknya Anda tidak usah cemas dan panik, karena virus ini hanya menyembunyikan folder, sehingga seakan-akan hilang. Anda hanya perlu mengembalikan folder yang tersembunyi itu dengan mengubah properties folder. Caranya, Klik Start - Pilih My Computer - Klik Tools - Pilih Folder Options - Pilih Tab View - Centang Show Hiden Files & Folders. Atau Anda juga bisa mengunakan cara berikut, Klik Start - Pilih Run -ketik cmd - Ketik Attrib -s -h /s /d *.*

Biasanya virus juga menghilangkan Folder Options, sehingga kita tidak dapat mengubah properties Hidden. Ini artinya, virus telah merubah registry editor folder options pada windows. Untuk mengembalikan Klik Start - Pilih Run- Ketik regedit - Klik Ok. Jika tetap juga tidak bisa , maka virus telah menonaktifkan perintah regedit, sehingga tidak dapat dilakukan perubahan registry editor. Anda harus mengaktifkan kembali registry editor. Untuk mengaktifkannya maka Anda bisa menggunakan bantuan software yang banyak dijual di pasaran. Namun Anda juga bisa mendownload software gratis yg cukup andal, yaitu HijackThis.

zodiak adalah suatu istilah dari astrologi barat yaitu ilmu yang mempelajari ramalan watak dan peruntungan manusia yang dipengaruhi oleh planet-planet. Di Indonesia zodiak biasa disebut juga bintang. Adapun yang termasuk dalam zodiak atau bintang yaitu Aquarius, pisces, Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitaurus, dan Capricornus.

AQUARIUS, dilambangkan dengan simbol Pengangkut Air. Orang yang termasuk dalam zodiak ini, yaitu yang lahir pada periode 20 Januari - 18 Pebruari. Sifat-sifat dan ciri-ciri orang aquarius yaitu berjiwa sosial, pandai bergaul dan menyesuaikan diri, sehingga mempunyai banyak teman. Orang aquarius juga mempunyai perasaan yang sangat halus, suka menolong, dan suka berpetualang. Kelemahannya adalah sering lupa dan suka mengkhayal dan melamun. Profesi yang cocok dengan orang aquarius adalah pelukis, pemusik, penulis, penyair, wartawan, reporter, penyiar, dan kameraman. Jodoh yang sesuai dengan orang aquarius yaitu yang mempunyai zodiak gemini, leo, cancer, pisces, dan sagitaurus. Penyakit yang sering diderita yaitu sakit kepala, syaraf, jantung, dan beri-beri.

PISCES, dilambangkan dengan simbol Dua Ikan. Orang yang termasuk dalam zodiak ini yaitu yang lahir pada periode 19 Pebruari - 18 Maret. Sifat-sifat dan ciri-ciri orang pisces yaitu mempunyai perasaan yang halus, suka bergaul, dan menyukai perdamaian daripada keributan. Orang pisces juga ulet, tabah, suka menolong, dan teguh pendirian. Kelemahannya adalah sering dilanda perasaan resah, gelisah, dan rasa takut menghadapi masa depan. Profesi yang sesuai dengan orang pisces yaitu Penulis, guru, wartawan, akunting, pelaut, psikiater, dan pengusaha. Jodoh yang sesuai dengan orang pisces yaitu orang yang berzodiak Leo, scorpio, libra, dan cancer. Sedangkan penyakit yang sering diderita yaitu TBC, gondok, dan bisul.

ARIES, dilambangkan dengan simbol Domba. orang yang termasuk dalam zodiak ini yaitu yang lahir pada periode 21 Maret - 19 April. Sifat-sifat dan ciri-ciri orang aries yaitu mempunyai sifat agak keras kepala, pantang menyerah, mandiri, dan suka membela teman yang dianggapnya benar. Orang aries mempunyai daya pikir yang luas dan juga suka akan hal-hal baru dan menyerempet bahaya. Kelemahannya yaitu tidak suka mengalah, agresif, tidak sabaran, dan tidak mau diperintah atau tunduk pada orang lain. Profesi yang sesuai yaitu dokter, notaris, militer, wartawan, guru, pedagang, penulis, pelukis, sekretaris, direktur, dan bintang film. Jodoh yang sesuai yaitu dengan orang yang berzodiak cancer, capricornus, gemini, dan leo. Sedangkan penyakit yang sering diderita yaitu sakit kepala, sakit mata, mag, dan ginjal.

TAURUS, dilambangkan dengan simbol Banteng atau Sapi. Orang yang termasuk dalam zodiak ini yaitu orang yang lahir pada periode 20 April - 20 Mei. Sifat-sifat dan ciri-ciri orang taurus, yaitu sabar, telaten, pandai menyesuaikan diri, dan tahan menerima ujian. Orang taurus juga pandai berhemat, tenang, selalu menghadapi masalah dengan lembut dan bijaksana, tidak pernah panik dan tidak pernah mencampuri urusan orang lain. Dia juga sangat mencintai keluarganya. Kelemahan orang taurus adalah sering bersedih tanpa sebab yang jelas, tidak suka diperintah, dan kalau sudah tidak suka sama orang, maka selamanya orang itu tidak pernah di tegurnya. Orang taurus juga seorang pesolek. Profesi yang sesuai yaitu profesi wartawan, dokter, seniman, pedagang, penulis, bankir, dan pengusaha. Jodoh yang sesuai yaitu dengan orang yang mempunyai zodiak Libra, sagitaurus, Leo, dan capricornus. Sedangkan penyakit yang sering diderita yaitu hipertensi, sakit kepala, sakit mag, dan jantung.

GEMINI, dilambangkan dengan simbol Orang Kembar. Orang yang termasuk dalam zodiak ini yaitu orang yang lahir pada periode 21 Mei - 21 Juni. Sifat-sifat dan ciri-ciri orang gemini yaitu mempunyai sifat sosial, perasaan halus, dan suka menolong. Orang gemini juga mempunyai daya pikir yang luas, toleran, cerdas, mudah menyesuaikan diri, dan selalu memegang tata krama dan sopan santun. Kelemahan orang gemini yaitu mudah tersinggung, bersifat kekanak-kanakan, dapat berubah pikiran dalam sekejap, dan mempunyai sifat curiga yang berlebihan. Profesi yang sesuai dengan orang gemini yaitu profesi penulis, wartawan, bintang film, guru, pendeta, pelukis, pengacara, dokter, sekretaris, dan pengusaha. Jodoh yang sesuai dengan orang gemini yaitu orang yang berzodiak aries, capricornus, taurus, dan scorpio. Penyakit yang sering diderita yaitu TBC, mag, sakit kepala, insomnia, dan syaraf.

CANCER, dilambangkan dengan simbol Kepiting. Orang yang termasuk dalam zodiak ini, yaitu orang yang lahir pada periode 22 Juni - 22 Juli. Sifat-sifat dan ciri-ciri orang cancer yaitu berperasaan halus, ulet, suka bekerja, penyayang, tidak suka foya-foya, dan lebih senang di rumah. Orang cancer juga pandai menghormati orang lain, memiliki kecerdasan yang tinggi cenderung jenius, pandai berdiplomasi, dan suka mengumpulkan barang-barang kuno dan antik. Suka berkelana, suka sesuatu yang gaib dan suka membantu orang walaupun diluar kemampuannya. Kelemahan orang cancer adalah selalu tergesa-gesa, mudah tersinggung, suka melamun, dean tidak sabar. Profesi yang sesuai dengan orang cancer adalah profesi bintang film, penulis, pelukis, sejarahwan, pustakawan, pedagang, pengurus museum, pengusaha kapal dan pengusaha toko buku. Jodoh yang sesuai dengan orang cancer adalah dengan orang yang berzodiak pisces, aries, dan scorpio.

LEO, dilambangkan dengan simbol Singa. Orang yang termasuk dalam zodiak ini adalah orang yang lahir pada periode 23 Juli - 22 Agustus. Sifat-sifat dan ciri-ciri orang leo yaitu jujur, pemberani, tidak egois, dan suka membela teman tanpa rasa takut. Orang leo juga cerdas, berwibawa, suka bekerja keras, terus terang, optimistik, dan berjiwa besar. Dia juga selalu riang dan suka dengan makanan yang enak-enak. Profesi yang cocok dengan orang leo adalah profesi pelukis, pedagang, bintang film, pemusik, tentara, pengusaha bioskop, pengusaha semen, dan pengusaha bahan bangunan. Jodoh yang sesuai dengan orang leo adalah yang berzodiak aries, sagitaurus, aquarius, dan virgo. Sedangkan penyakit yang sering diderita adalah penyakit ginjal, hipertensi, dan mag.

VIRGO, dilambangkan dengan simbol Gadis. Orang yang termasuk dalam zodiak ini adalah orang yang lahir pada periode 23 Agustus - 22 September. Sifat-sifat dan ciri-ciri orang virgo yaitu jujur, terus terang, rajin bekerja, dan sangat disiplin. Orang virgo juga tidak suka menonjolkan diri, tidak pernah merugikan orang lain, suka melakukan pekerjaan dengan rapi, dan memegang teguh tata krama kesopanan. Kelemahan orang virgo yaitu pemalu dan tidak mudah menerima apa yang orang katakan. Profesi yang sesuai dengan orang virgo yaitu profesi wartawan, penulis, pelukis, pemusik, pendeta, apoteker, dokter, pengacara, pedagang, dan pengusaha percetakan. Jodoh yang sesuai adalah dengan orang yang bezodiak Capricornus, taurus, libra, dan leo. Penyakit yang sering diderita orang virgo adalah penyakit reumatik, sesak napas, sakit perut, sakit limpa, dan insomnia.

LIBRA, dilambangkan dengan simbol Timbangan. Orang yang termasuk dalam zodiak ini adalah orang yang lahir pada periode 23 September - 23 Oktober. Sifat-sifat dan ciri-ciri orang libra yaitu pandai menghibur orang, pandai menyesuaikan diri, dan suka bersolek. Orang libra juga sangat cerdas, selalu bertindak adil, menyukai kemewahan, dan sangat menyukai sesuatu yang berhubungan dengan seni. Kelemahannya adalah mudah tersinggung, kadang suka ceroboh, selalu bergantung pada orang lain, dan mudah putus asa. Profesi yang sesuai dengan orang libra yaitu profesi sekretaris, penyanyi, wartawan, penulis, sutradara, dokter, polisi, pilot, insinyur sipil, dan pengusaha real estate, Jodoh yang sesuai dengan orang libra adalah dengan orang yang berzodiak sagitaurus, gemini, pisces, virgo, capricornus, dan taurus. Penyakit yang sering diderita adalah penyakit ginjal, tulang punggung, syaraf, mag, lever, dan amandel.

SCORPIO, dilambangkan dengan simbol Kalajengking. orang yang termasuk dalam zodiak ini adalah orang yang lahir pada periode 24 Oktober - 21 Nopember. Sifat-sifat dan ciri-ciri orang scorpio yaitu tabah menghadapi segala kesulitan, mempunyai semangat yang kuat dalam segala hal, dan dapat mengendalikan emosi dan ambisinya. Orang scorpio juga mempunyai kekuatan dan kepandaian yang tersembunyi. Kelemahannya adalah suka bertindak nekat, keras hati, cepat marah, dan suka berdiam diri. Profesi yang sesuai dengan orang scorpio adalah profesi penulis, wartawan, dokter, polisi, pendeta, apoteker, pedagang ikan, pengusaha real estate, pengusaha travel, dan pengusaha parfum dan kosmetik. Jodoh yang sesuai dengan orang scorpio adalah dengan orang yang berzodiak gemini pisces, dan scorpio. Penyakit yang sering diderita adalah penyakit jantung, ginjal, kencing manis, polip, lemah syahwat, dan reumatik.

SAGITAURUS, dilambangkan dengan simbol Orang memanah. Orang yang termasuk dalam zodiak sagitaurus adalah orang yang lahir pada periode 22 Nopember- 21 Desember. Sifat-sifat dan ciri-ciri orang sagitaurus yaitu rajin, berjiwa sosial, dan pada umumnya mempunyai penampilan yang menarik, suka membantu orang yang sedang dalam kesulitan, rela berkorban, dan membenci kepalsuan. Orang sagitaurus juga suka berada di tengah-tengah keramaian, dan mempunyai kemampuan membina hubungan yang harmonis dengan lawan jenisnya. Biasanya kehidupannya lebih baik setelah menikah. Kelemahannya keras kepala dan agak sombong. Profesi yang sesuai dengan orang sagitaurus adalah profesi pendeta, atlit, penulis, pemusik, pelukis, tentara, dokter, dan pengacara. Jodoh yang sesuai dengan orang sagitaurus adalah yang berzodiak leo, libra, dan taurus. Penyakit yang sering diderita adalah penyakit asma, reumatik, TBC, telinga, syaraf, dan lever.

CAPRICORNUS, dilambangkan dengan simbol Kambing. Orang yang termasuk dalam zodiak ini adalah orang yang lahir pada periode 22 Desember - 19 Januari. Sfat-sifat dan ciri-ciri orang capricornus yaitu memiliki sifat yang tekun, pantang menyerah, tabah, dan ulet. Juga memiliki rasa tanggung jawab, penuh wibawa, bijaksana, dan selalu menepati janji. Orang capricornus juga pandai mempengaruhi orang, dan agak pemalu. Kelemahannya adalah sering ragu-ragu dalam mengambil keputusan, mudah curiga, dan pendendam. Profesi yang sesuai dengan orang capricornus adalah profesi bintang film, sutradara, produser film, apoteker, dokter, politikus, pengacara, pedagang, penulis, guru, dan wartawan. Jodoh yang sesuai yaitu yang berzodiak virgo, taurus, gemini, dan libra. Penyakit yang sering diderita adalah penyakit ginjal, reumatik, jantung, dan gangguan pencernaan.

Pada penderita atresia bilier (AB) empedunya tidak dapat mencapai usus oleh karena saluran empedunya terganggu sehingga menyebabkan empedu terakumulasi di hati dan selanjutnya mengalir ke darah mengakibatkan kulit menjadi berwarna kuning. Sekitar 10-20 % penderita AB memiliki kelainan bawaan yang disebut Sindrom Biliary Atresia Splenie Malformation sehingga memiliki banyak limpa (polysplenia), tidak punya limpa (asplenia), posisi atau letak organ tubuh terbalik, tidak memiliki pembuluh dara vena cara inferior dan vena portal preduodenal.

Peningkatan asam empedu menyebabkan badan menjadi gatal (pruritus), keracunan hati (hepatoksitas), peningkatan kolesterol mengakibatkan terganggunya metabolisme lemak, dan peningkatan bilirubin mengakibatkan kulit menjadi kuning. Penyakit AB lebih sering terjadi pada bayi perempuan dibandingkan dengan bayi laki-laki dengan perbandingan 1 : 1,5.

Penyakit AB jarang terjadi pada bayi lahir hidup. Di Jepang & Cina terjadi pada 1 dari 9600 orang bayi. Di Eropa dan Amerika terjadi pada 1 dari 16 ribu bayi. Sedangkan di Taiwan terjadi pada 1 dari 10 ribu bayi.

Stroke adalah penyakit sindrom klinis yang terjadi secara mendadak, progresi cepat, yang berupa defisit neurologis lokal dan atau global yang berlangsung 24 jam atau lebih yang langsung dapat menyebabkan kematian. Penyebab utamanya adalah ganguan perdarahan di otak non traumatik. Bila berlangsung sementara, beberapa detik, sampai beberapa jam (biasanya 10-20 menit) tapi kurang dari 24 jam disebut dengan serangan iskemia otak sepintas ( tansient ischaemia attack).

Di Indonesia stroke adalah salah satu penyebab kematian dan cacat neurologis yang utama. Serangan otak ini merupakan gawat darurat medis yang harus ditangani dengan cepat, tepat, dan cermat.

Hemofilia adalah penyakit turunan berupa kelainan perdarahan karena kekurangan faktor pembekuan darah yang membuat darah sulit membeku. Ada 2 jenis hemofilia, yaitu:

1. Hemofilia A, penyebabnya adalah kekurangan faktor VIII atau disebut juga hemofilia klasik.

2. Hemofilia B, penyebabnya adalah faktor IX atau disebut juga penyakit christmas.

Bila laki-laki penderita hemofilia A menikah dengan perempuan penderita hemofilia A, maka semua anaknya akan menderita hemofilia A. Bila Ibu yang menderita Hemofilia A dan ayahnya tidak, maka semua anak laki-laki akan menderita hemofilia A. Sedangkan anak perempuan menjadi pembawa

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kumpulan segala penyakit akibat menurunya sistem kekebalan tubuh secara bertahap yang disebabkan oleh infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang merupakan retrovirus. Gejala-gejalanya adalah timbulnya penyakit infeksi bakteri, jamur parasit, dan virus yang bersifat kaposi dan limfoma primer di otak. HIV masuk ke tubuh manusia melalui darah, semen, sekret vagina, dan transmisi dari ibu ke anak. HIV ditemukan oleh Montagnier dkk pada tahun 1983.

Di Indonesia kasus Aids pertama kali ditemukan di Bali pada turis Belanda pada tangal 5 April 1987. Jumlah kumulatif kasus HIV/Aids (+) per Januari 2000 adalah 1080 kasus yang terdiri dari 794 kasus HIV (+) dan 286 kasus Aids.

 

Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa sari buah delima sangat berguna bagi jantung. Orang yang meminum segelas sari buah delima setiap hari, maka dapat terbebas dari serangan jantung. Dalam berbagai penelitian tentang keistimewaan buah delima, para ahli meneliti sejumlah binatang yang mudah terserang pengumpulan darah pada saraf-saraf darahnya. Mereka membagi tikus menjadi 2 (dua) kelompok. Di mana Kelompok pertama diberi minum air dan kelompok yang kedua diberi minum sari buah delima. Hasilnya, ternyata tikus yang diberi minum sari buah delima lebih dapat bertahan sekitar 54% daripada tikus yang tidak diberi minum sari buah delima.

Para ahli menyatakan bahwa seorang yang setiap harinya meminum 1 gelas sari buah delima , maka dia memperkecil berbagai kemungkinan terjadinya penggumpalan darah pada saraf-sarafnya yang menuju ke jantung, sehingga dapat menghindarkannya dari berbagai penyakit jantung.

Pada penelitian selanjutnya ditemukan fungsi bahan flifinuwidat bagi tubuh manusia sebagai antioksi dan kuat. Penelitian itu dimulai dengan memcoba bahan-bahan makanan, termasuk juga yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan bunga-bunga, khususnya daun teh. Dari semua tumbuh-tumbuhan yang digunakan, ternyata buah delima yang menunjuukan keberhasilan yang signifikan. Buah delima mempunyai unsur-unsur antioksidan yang lebih kuat untuk melawan oksida kolestrol plasma yang menyebabkan penyumbatan pada saraf-saraf darah yang menuju ke jantung.

Pada penelitian klinis terhadap sejumlah orang sehat dan sejumlah binatang yang dijadikan percobaan. Orang-orang yang sehat diberi minum sari buah delima selama 2 minggu dan binatang selama 14 minggu, agar dapat diketahui pengaruh sari buah delima terhadap oksida protein kolestrol yang menggumpal di dalam saraf-saraf darah mereka. Ternyata hasilnya menunjukkan bahwa sari buah delima dapat mengurangi penggumpalan protein kolestrol yang berbahaya dan oksidannya dalam tubuh orang-orang sehat maupun pada binatang (tikus). Intinya, penelitian tersebut menunjukkan bahwa sari buah delima sangat efektif dalam menghindarkan seorang dari penyumbatan pada saraf-saraf darah, karena pada buah delima terdapat unsur-unsur antioksidan dalam jumlah yang sangat besar.

Penyakit Jantung Koroner adalah penyakit jantung yang lebih banyak terjadi dibandingkan dengan jenis penyakit jantung lainnya.
 
Penelitian kedokteran menunjukan bahwa beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner yang disebut faktor-faktor risiko.
 
Faktor-faktor risiko untuk penyakit jantung dibagi menjadi dua bagian, yaitu yang dapat dimodifikasi dan yang tidak dapat modifikasi. Di mana lebih banyak faktor risikonya maka lebih besar kemungkinannya mendapat penyakit jantung koroner (CHD) dan risikonya berlipat ganda bersama-sama.
 
Tidak semua faktor risiko adalah sama. Beberapa, seperti merokok, dapat mempunyai efek yang jauh lebih besar terhadap Anda untuk mendapatkan CHD. Jadi, sebagai contoh, seorang perokok dengan tingkat kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi mempunyai risiko yang lebih tinggi dibanding seseorang yang hanya mempunyai hanya satu dari ketiga faktor itu.
 
Bagaimanapun, jika seseorang hanya mempunyai tingkat kolesterol yang tinggi saja dan tidak mempunyai faktor risiko yang lainnya maka risikonya hanya meningkat sedikit saja di atas rata-rata.
Penyakit ini erat hubungannya dengan usia terutama pada pria di usia 40 tahun terus meningkat sampai usia 80 tahun. Jarang terjadi pada usia di bawah 40 tahun. Ada 4 faktor penyebab kanker prostat, yaitu: genetik, hormon, makanan, infeksi, dan lingkungan. Sebagian besar kanker prostat adalah adenokarsinoma yang berasal dari sel asinar prostat yang dimulai dari volume kecil kemudian membesar sampai menyebar. Tujuh Puluh persen (70 %) ditemukan di daerah perifer kelenjar prostat, 15-20 % di daerah sentral, dan 10-20 % di daerah transisi.
 
Lokasi kanker merupakan faktor utama penyebarannya. Bila terdapat di apeks atau di basal kemungkinan penyebarannya lebih besar karena lemahnya kapsul pada lokasi tersebut. Metastatis hematogenik yang sering terjadi adalah penyebaran ke tulang vertebra lumbal, tulang pangul, tulang femur proksimal, tulang iga, tulang sentrum, dan tulang kepala.
 

Talasemia adalah penyakit darah yang ditandai berkurangnya produksi hemoglobin. Penderita talasemia bawaan atau Talasemia minor adalah orang yang sehat tetapi dapat meneruskan Talasemia mayor pada turunannya. Jika talasemia minor menikah dengan talasemia mayor, maka perbandingannya 50:50 antara pembawa sifat dan penderita. Jika keduanya pembawa, maka kemungkinan turunannya 25 % normal, 50 % pembawa dan 25 % mederita talasemia.

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit demam akut yang disertai dengan gejala manifestasi perdarahan yang dapat mengakibatkan renjatan sehingga menimbulkan kematian.

Virus dengue serotipe 1,2 , 3, dan 4 yang ditularkan melalui vektor nyamuk Aedes aegypti, Aedes albofictus, Aedes Polynesiensis, dan beberapa spesiaes lain merupakan vektor yang kurang berperan. Infdeksi dengan salah satu serotipe akan menimbulkan antibodi seumur hidup terhadap serotipe bersangkutan tetapi dengan serotipe yang lain.

DBD biasanya ditandai dengan demam yang tingi, ononena, perdarahan, hepatomegali dan kegagalan sirkulasi. Pada bayi dan anak berupa demam ringan disertai timbulnya ruam makulopapular. Pada anak besar dan dewasa berupa demam tingi mendadak, nyeri pada angota badan dan timbul ruam makulopapular. Gejala lain yaitu anoreksia, muntah, dan nyeri kepala.

Puncak kasus DBD terjadi pada musim hujan. Bila Anda menemukan kasus DBD segera dibawah ke rumah sakit dalam waktu kurang dari 24 jam.

Kanker Payudara adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan yang berlebihan atau perkembangan yang tidak terkontrol dari sel-sel atau jaringan payudara. Yang dapat terjadi pada wanita maupun pria. Penyakit kanker payudara (breast cancer) adalah salah satu penyakit kanker yang menyebabkan kematian urutan ke lima (5) setelah kanker paru, kanker rahim, kanker hati dan kanker usus.
 
A. Penyebab Kanker Payudara
Kanker payudara adalah penyakit kanker yang paling umum menyerang kaum wanita, walaupun pditemukan juga pada pria dengan perbandingan 1 di antara 1000. Beberapa  faktor yang  mungkin menjadi penyebab terjadinya kanker payudara adalah:
 
   1. Faktor usia, kanker payudara biasanya meningkat pada usia remaja ke atas.
   2. Faktor Genetik, Ada 2 jenis gen (BRCA1 dan BRCA2) yang sangat mungkin sebagai resiko. Jika ibu atau saudara wanita Anda mengidap penyakit kanker payudara, maka kemungkinan Anda memiliki resiko kanker payudara 2 kali lipat dibandingkan wanita lain yang dalam keluarganya tidak ada yang menderita.
   3. Faktor obat-obatan, Misalnya pada wanita yang menggunakan therapy obat hormon pengganti hormone replacement therapy (HRT), seperti Hormon eksogen akan dapat menyebabkan peningkatan resiko menderita kanker payudara.
   4. Faktor lain yang diduga sebagai penyebab kanker payudara adalah: pada orang yang tidak menikah, menikah tapi tidak punya anak, melahirkan anak pertama sesudah usia 35 tahun, tidak pernah menyusui anak. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kanker payudara meningkat pada orang yang sering menghadapi kondisi stress dan juga bagi wanita yang pernah mengalami menstruasi dibawah usia 11 tahun.
 
 
B. Tanda dan Gejala Kanker Payudara
Bila Anda merasakan adanya benjolan aneh disekitar payudara atau bila salah satu payudara tampak lebih besar, sebaiknya jangan didiamkan. Segeralah berkonsultasi kepada dokter. Benjolan tersebut umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, mulai dari ukuran kecil yang kemudian menjadi besar dan teraba seperti melekat pada kulit. Beberapa kasus terjadi perubahan kulit payudara sekitar benjolan atau perubahan pada putingnya.
 
Rasa sakit (nyeri) saat ditekan baru t erasa saat benjolan mulai membesar, Jika rasa nyeri pada payudara dan puting susu tidak kunjung hilang, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Puting susu yang mengkerut ke dalam, yang tadinya berwarna merah muda dan akhirnya menjadi kecoklatan  Tanda yang kuat terjadinya kanker payudara adalah terjadi pembengkakan sekitar puting .  Juga seringkali keluar cairan dari puting susu ketika Anda tidak lagi menyusui.
 
C. Diagnosa Kanker Payudara
Kanker payudara dapat diketahui secara pasti yaitu dengan cara pengambilan sample jaringan sel payudara yang mengalami pembenjolan. Dengan cara ini dapat diketahui jenis pertumbuhan sel yang diderita, apakah bersifat tumor jinak atau tumor ganas (kanker).
 
D. Tipe Kanker Payudara
Melalui pemeriksaan yang di sebut dengan mammograms, maka tipe kanker payudara ini dapat dikategorikan dalam dua bagian yaitu :
 
   1. Kanker payudara non invasive, kanker yang terjadi pada kantung (tube) susu {penghubung antara alveolus (kelenjar yang memproduksi susu) dan puting payudara}. Dalam bahasa kedokteran disebut 'ductal carcinoma in situ' (DCIS), yang mana kanker belum menyebar ke bagian luar jaringan kantung susu.
   2. Kanker payudara invasive, kanker yang telah menyebar keluar bagian kantung susu dan menyerang jaringan sekitarnya bahkan dapat menyebabkan penyebaran (metastase) kebagian tubuh lainnya seperti kelenjar lympa dan lainnya melalui peredaran darah.
 
 
E. Penanganan dan Pengobatan Kanker Payudara
Penanganan dan pengobatan penyakit kanker payudara sangat tergantung pada tipe dan stadium yang dialami penderita. Umumnya seseorang baru diketahui menderita penyakit kanker payudara setelah menginjak stadium lanjut yang cukup parah. Penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan atau adanya perasaan malu, sehingga terlambat untuk diperiksakan ke dokter.
 
1. Pembedahan
Pada kanker payudara yang diketahui sejak dini maka tindakan yang paling tepat , yaitu harus segara dilakukan pembedahan. Dokter akan mengangkat benjolan serta area kecil sekitarnya kemudian menggantikannya dengan jaringan otot lain (lumpectomy). Ada 3 tindakan pembedahan atau operasi kanker payudara, yaitu:
- Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan sebagian dari payudara (lumpectomy). Operasi ini selalu diikuti dengan pemberian radioterapi. Biasanya lumpectomy direkomendasikan pada pasien yang besar tumornya kurang dari 2 cm dan letaknya di pinggir payudara.
- Total Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara saja, tetapi bukan kelenjar diketiak.
- Modified Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara, jaringan payudara di tulang dada, tulang selangka dan tulang iga, serta benjolan di sekitar ketiak.
 
2. Radiotherapy (Penyinaran/radiasi)
Adalah proses penyinaran pada daerah yang terkena kanker dengan menggunakan sinar X dan sinar gamma yang bertujuan membunuh sel kanker yang masih tersisa di payudara setelah operasi. Tindakan ini mempunyai kelemahan (efek yang kurang baik), seperti tubuh menjadi lemah, nafsu makan berkurang, warna kulit di sekitar payudara menjadi hitam, serta Hb dan leukosit cenderung menurun sebagai akibat dari radiasi.
 
3. Therapy Hormon
Dikenal sebagai Therapy anti-estrogen, di mana system kerjanya memblok kemampuan hormon estrogen yang ada dalam menstimulus perkembangan kanker pada payudara.
 
4. Chemotherapy
Adalah proses pemberian obat-obatan anti kanker dalam bentuk pil cair atau kapsul atau melalui infus yang bertujuan membunuh sel kanker. Sistem ini diharapkan mencapai target pada pengobatan kanker yang kemungkinan telah menyebar kebagian tubuh lainnya. Efek samping dari kemoterapy adalah pasien mengalami mual dan muntah serta rambut rontok karena pengaruh obat-obatan yang diberikan pada saat kemoterapi.
 
5. Pengobatan Herceptin
Adalah therapy biological yang dikenal efektif melawan HER2-positive pada wanita yang mengalami kanker payudara stadium II, III dan IV dengan penyebaran sel kankernya.
 
F. Pencegahan Kanker Payudara
Bagi Anda merasakan ada hal yang aneh atau tampak berbeda pada payudara Anda segeralah memeriksakannya ke dokter jangan sampai terlambat. Misalnya adanya pembesaran sebelah, adanya benjolan disekitar payudara, nyeri terus menerus pada puting susu dan sebagainya seperti pada keterangan tanda dan gejala payudara diatas.
 
Tindakan lain yang bisa anda lakukan adalah hindarilah kegemukan, Kurangi makan lemak, Usahakan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C, Jangan terlalu banyak makan makanan yang diasinkan dan diasap, Olahraga secara teratur, dan Check-up payudara sejak usia 30 tahun secara teratur.
Kanker leher rahim atau kanker serviks adalah merupakan kanker yang terjadi pada servik uterus, yaitu suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang vagina.
 
Penyakit kanker servik ini disebabkan oleh beberapa jenis virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV). Di mana Virus ini menyebar melalui kontak sexual. Virus ini setiap saat dapat menyerang semua wanita tanpa melihat umur ataupun gaya hidup. Banyak wanita yang memiliki daya tahan tubuh yang baik mampu melawan infeksi HPV ini. Namun demikian, terkadang virus ini berujung pada terjadinya penyakit kanker.
 
Di Indonesia, Kanker Serviks adalah kanker pembunuh wanita Indonesia no.1 tertinggi saat ini. Setiap wanita selama hidupnya beresiko terkena virus yang menyebabkan kanker serviks, terutama beresiko tinggi bagi mereka yang merokok, melahirkan banyak anak, memakai alat kontrasepsi pil dalam jangka waktu lama, serta mereka yang terinfeksi HIV Aids.
 
A. Proses Terjadinya kanker leher rahim
 
Kanker leher rahim terjadi ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang tidak lazim (abnormal). Namun sebelum sel-sel tersebut menjadi sel-sel kanker, terjadi beberapa perubahan yang dialami oleh sel-sel tersebut. Perubahan sel-sel tersebut biasanya memakan waktu sampai bertahun-tahun sebelum sel-sel tadi berubah menjadi sel-sel kanker. Selama masa waktu tersebut tersebut, pengobatan yang tepat akan segera dapat menghentikan sel-sel yang abnormal sebelum berubah menjadi sel kanker.
 
B. Mendeteksi Kanker Serviks
 
Sel-sel yang abnormal tersebut dapat dideteksi dengan suatu test yang disebut "Pap smear test". Test tersebut adalah suatu test yang aman dan murah dan telah dipakai bertahun-tahun lamanya untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel leher rahim. Oleh karena itu, semakin dini sel-sel abnormal tadi terdeteksi, semakin rendahlah resiko seseorang menderita kanker leher rahim.
 
Pemeriksaan Pap smear test yang teratur sangat diperlukan untuk mengetahui dan mendeteksi adanya kanker serviks pada diri seorang wanita.
 
C. Tanda dan Gejala Kanker Serviks
 
Secara umum tanda dan gejalanya adalah terjadinya perdarahan pada vagina setelah aktivitas sexual atau diantara masa menstruasi. Sementara itu tanda lain yang mungkin timbul antara lain adalah :
 
   1. Hilangnya nafsu makan dan berat badan
   2. Nyeri tulang panggul dan tulang belakang
   3. Nyeri pada anggota gerak (kaki)
   4. Terjadi pembengkakan pada area kaki
   5. Keluarnya feaces menyertai urin melalui vagina
   6. Hingga terjadi patah tulang panggul
 
 
D. Pengobatan Penyakit Kanker Serviks
 
Bagi Anda yang terdiagnosa mengalami perubahan abnormal sejak dini, maka dapat dilakukan beberapa hal seperti ;
 
   1. Pemanasan, diathermy atau dengan sinar laser.
   2. Cone biopsi, yaitu dengan cara mengambil sedikit dari sel-sel leher rahim, termasuk sel yang mengalami perubahan. Tindakan ini memungkinkan pemeriksaan yang lebih teliti untuk memastikan adanya sel-sel yang mengalami perubahan.
 
Jika telah mencapai tahap pre-kanker dan kanker leher rahim telah dapat diidentifikasi, Maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk penyembuhannya, yaitu:
 
   1. Operasi, yaitu dengan mengambil daerah yang terserang kanker, biasanya uterus beserta leher rahimnya.
   2. Radioterapi yaitu dengan menggunakan sinar X berkekuatan tinggi yang dapat dilakukan secara internal maupun eksternal.
 
E. Pencegahan Kanker Servik
 
Adalah hal yang sangat menggembirakan, karena penyakit kanker leher rahim (kanker serviks) dapat dicegah. Yaitu dengan cara vaksinasi yang diberikan pada remaja putri dan perempuan dewasa.
 
Vaksin ini diberi nama Gardasil. Vaksin ini dibuat secara besar-besaran oleh perusahaan Merck & Co., Inc. yang merupakan perusahaan obat terbesar di dunia yang berada di Amerika Serikat.
 
 

Kanker kulit dewasa ini mengalami peningkatan secara signifikan, khususnya di Amerika, Australia dan Inggris. Dari beberapa penelitian, ternyata orang-orang kulit putih yang lebih banyak menderita penyakit kanker kulit ini. Penyebabnya kemungkinan besar sebagai akibat seringnya mereka terkena banyak cahaya matahari. Di Indonesia penderita kanker kulit terbilang sangat sedikit dibandingkan ke-3 negara tersebut di atas.

Kanker Kulit adalah suatu penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak terkendali, yang merusak jaringan di sekitarnya dan mampu menyebar ke bagian tubuh yang lain. Ada tiga jenis kanker kulit yang umumnya sering diderita manusia, yaitu karsinoma sel basal (KSB), karsinoma sel skuamosa (KSS) dan melanoma maligna (MM).

A. Karsinoma Sel Basal (KSB)
Merupakan jenis penyakit kanker kulit yang paling banyak diderita. Kanker jenis ini tidak mengalami penyebaran (metastasis) kebagian tubuh lainnya, tetapi sel kanker dapat berkembang dan menyebabkan kerusakan jaringan kulit sekitarnya. Warna kulit yang terang dan sering terkena pijaran cahaya matahari keduanya diduga sebagai penyebab Karsinoma Sel Basal. Faktor lain yang juga dapat menjadi penyebab jenis kanker ini adalah system imun tubuh yang lemah (baik dampak penyakit lain atau pengobatan), luka bakar, sinar X-ray.

1. Tanda dan Gejala. Bagian tubuh yang terserang kanker sel basal biasanya wajah, leher dan kulit kepala. Adapun tanda-tanda penyakit kanker berjenis ini adalah benjolan yang agak berkilat, kemerahan dengan pinggir meninggi yang berwarna agak kehitaman, kelainan seperti jaringan parut dan lecet/lika yang tidak sembuh-sembuh.
2. Diagnosa Jenis kanker. Metode tunggal untuk memastikan penyakit kanker sel basal yaitu Dokter akan melakukan pemeriksaan klinis dan histopatologis dengan mengambil sample bagian kulit yang di anggap sebagai jaringan kanker (biopsy) untuk diteliti dibawah mikroskop.
3. Therapy dan Pengobatan. Apabila diagnosa telah ditegakkan secara jelas bahwa penderita mengalami kanker kulit berjenis sel basal, maka tindakan yang dilakukan umumnya adalah pembedahan atau pengangkatan jaringan kulit (kanker) secara komplit, atau dapat pula dengan tindakan penyinaran. Metode lainnya yang juga kerap dilakukan adalah bedah beku, bedah listrik, laser, fotodinamik serta dengan obat-obatan baik yang dioleskan maupun disuntikkan (kemoterapi).

B. Karsinoma Sel Skuamosa (KSS)
Merupakan jenis penyakit kanker kulit yang lebih banyak diderita pria terutama kaum lanjut usia (lansia). Ini adalah jenis kanker kulit dimana terjadi keganasan sel keratinosit epidermis, merupakan kanker kulit ke dua tersering. Penyakit kanker kulit KSS ini dapat menyebar kebagian tubuh yang lain, umumnya diderita mereka yang berada diwilayah tropik.

Seperti halnya penyakit KSB, kanker kulit jenis ini juga diduga akibat sinar matahari (dominannya), Imun tubuh yang lemah, virus, bahan-bahan kimia dan jaringan parut juga dapat menimbulkan penyekit ini. Adapun tanda dan gejalanya ialah mempunyai kelainan berupa benjolan-benjolan atau luka yang tidak sembuh-sembuh. Diagnosa ditegakkan dengan metode yang sama pada KSB, begitupun tindakan therapy dan pengobatan cenderung sama dengan kanker sel basal.

C. Melanoma Maligna (MM)
Ini adalah jenis penyakit kanker kulit yang paling ganas dan berpotensi mematikan. Di Amerika, didapatkan data enam dari tujuh penderita kanker ini meninggal dunia. Dan jumlah orang yang terserang meningkat dari tahun ke tahun. Melanoma Maligna bisa berkembang dari tahi lalat timbul yang sudah ada atau yang baru muncul.

1. Tanda dan Gejala. Informasi ini sangat penting sekali bagi meraka yang memiliki tahi lalat yang kemudian mengalami perubahan baik warna, ukuran maupun bentuknya, Tahi lalat terkadang terasa gatal dan bila digaruk mengeluarkan darah. Sel kanker ini tumbuh dari melanosit, yaitu sel kulit yang berfungsi menghasilkan zat warna melanin. Kanker ini dicirikan dengan ABCD, yaitu A= Asimetrik, bentuknya tak beraturan. B= Border atau pinggirannya juga tidak rata. C= Color atau warnanya yang bervariasi dari satu area ke area lainnya. Bisa kecoklatan sampai hitam. Bahkan dalam kasus tertentu ditemukan berwarna putih, merah dan biru. D= Diameternya lebih besar dari 6 mm.
2. Diagnosa. Penegakan diagnosa pada kasus penyakit kanker kulit jenis ini sama halnya dengan kedua jenis kanker kulit di atas (KSB dan KSS), yaitu dilakukannya tindakan biopsy untuk pemeriksaan dibawah mikroskop.
3. Therapy dan Pengobatan. Melanoma Maligna merupakan jenis kanker kulit yang paling ganas, dapat menyebar kebagian tubuh lainnya seperti kelenjar limfa. Tindakan yang dilakukan pada penderita kanker jenis ini adalah pengangkatan secara komplit jaringan kanker dengan jalan pembedahan, apabila telah diketahui terjadi penyebaran maka dibutuhkan operasi lanjutan untuk mengangkat jaringan di sekitarnya. Jika sel kanker ditemukan menyebar ke kelenjar limfa, maka mau tidak mau kelenjarnya juga diangkat.

 Working in 30+ countries globally, Conservation International (CI) Foundation is a non-profit organization 
committed to empowering societies to responsibly and sustainably care for nature for the good of humanity. 
We are constantly growing and expanding into areas new and old. We are currently looking to fill the 
following position for our office in Jakarta: 
 
  
MANAGER, POLICY BLUE CARBON AND FISHERIES 
  
This position is expected to lead a small team tasked with developing and implementing CI Marine Policy and 
initiatives that focus on Blue Carbon and Fisheries. The manager will provide policy inputs and 
recommendations from CI perspective to Indonesian governments to sustainably develop national Blue 
Carbon and Fisheries sectors. He/she will work with different national and provincial-based agencies as well as 
engage with various institutions: communities, private sectors and NGOs. He/she will also provide technical 
assistance and work in collaboration with relevant field programs to develop and implement Blue Carbon and 
Fisheries at provincial and regency levels. 
  
This position will report directly to Senior Director Marine Program and working under CI Indonesia’s Marine 
Program. 
  
Key Duty / Responsibility: 
 
1. Develop and implement policies and advocacy initiatives on Blue Carbon and Fisheries (including 
aquaculture) at provincial and national levels, through advocacy work, policy analysis and preparing policy 
papers. 
2. Support Ministry of Fisheries and Marine Affairs, The National Planning Agency, The Coordinating Ministry 
of Maritime, and Ministry of Environment and Forestry to provide inputs and guidance in development of 
national policies, regulations, ministerial decrees and other policy outputs that relate to Blue Carbon and 
Fisheries. 
3. Build effective partnerships to develop Blue Carbon and Fisheries in Indonesia with community, scientific, 
non-government, and government groups and agencies at local, national, and global levels. 
4. Work with other CI managers/leaders to strategically develop CI’s Blue Carbon and Fisheries Programs, 
supervise the Blue Carbon and Fisheries team, assist the development of proposals, and communicate 
with other technical teams in CI and with donors and partners. 
5. Provide technical assistance with field program managers and staffs to develop and implement Blue 
Carbon and Fisheries programs in provincial and regency levels. 
 
 
Qualifications: 
 
. A degree and/or at least 4- 5 years working experience on Blue Carbon and/or Fisheries management in 
Indonesia 
. Knowledge and capability in Blue Carbon and Fisheries management, natural resources management in the 
context of decentralization of management authority to provincial level. 
. Knowledgeable and experienced in mangrove and peatland conservation in Indonesia and the principles of 
fisheries and aquaculture. 
. Experienced in supply and value chain development for agricultural, forestry, or fishery commodities. 
. Experienced in partnership building, communication, and facilitation 
. Ability to work effectively in cross-cultural situations with a wide range of people in both the public and 
private sectors, including business, government, non-governmental organizations, donor organizations, 
local communities, consultants and volunteers; 
. Proven track record in writing/editing successful conservation-focused strategy documents, funding 
proposals, progress reports and relevant materials; 
. Strong leadership and interpersonal skills and able to interact and engage with the full range of important 
stakeholders from government officials, university, NGO, and community leaders 
. Strong organizational skills and ability to meet deadlines 
. Fluent in English (speaking, reading, and writing) 
. Computer literacy 
  
 
Preferred/Desirable: 
 
 . Master Degree in Economics, Geography, Natural Resource Management, Forestry, or Fisheries 
. Has experience in project management, and monitoring & evaluation 
. Good knowledge/understanding of local cultural setting in Papua. 
. Ability to work effectively and display good team work. 
. Passionate about conservation work, good team player, and able to perform with minimum supervision. 
 
 
Please send your current resume and cover letter along with your current / latest salary information to: 
 
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 
 
 
Please fill the “subject” column of the e-mails in this format: <MPBF> - <your name> 
 
Closing date for the application is 10 June 2018 
 
(Only short-listed candidates will be notified). 
 
For more information about CI, please visit our web: 
 
Indonesia.conservation.org // www.conservation.org 
 
 

Alpukat atau avokad berasal dari bahasa Aztek yaitu ahuacatl. Buah ini memang berasal dari daerah tempat suku Aztek berasal yaitu di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Awalnya buah ini mulai diperkenalkan oleh Martín Fernández de Enciso, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol, pada tahun 1519 kepada orang-orang Eropa. Pada saat yang sama juga, para pasukan Spanyol yang menjajah Amerika Tengah juga memperkenalkan coklat, jagung dan kentang kepada masyarakat Eropa. Sejak itulah buah alpukat atau avokad mulai disebar dan dikenal oleh banyak penduduk dunia.
Khasiat Buah Alpukat

Hampir setiap bagian dari pohon alpukat memiliki manfaat. Kayu pohon alpukat bermanfaat sebagai bahan bakar. Biji dan daunnya dapat digunakan dalam industri pakaian. Kulit pohonnya dapat digunakan untuk pewarna coklat pada produk yang terbuat dari kulit.

Dalam bidang kecantikan, buah alpukat juga sering digunakan sebagai masker wajah. Buah ini dianggap mampu membuat kulit lebih kencang. Buah alpukat juga bermanfaat untuk perawatan rambut, misalnya bahan untuk creambath.

Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Alpukat kaya akan protein, riboflavin (atau dikenal sebagai vitamin B2), niasin (atau dikenal sebagai vitamin B3), potasium (atau lebih dikenal sebagai kalium), dan vitamin C.

Selain itu alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi. Namun jangan takut karena lemak pada alpukat mirip dengan lemak pada minyak zaitun yang sangat sehat. Lemak yang dikandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang berdampak positif dalam tubuh. Lemak pada alpukat juga digunakan dalam pembuatan sabun dan kosmetik.

Berikut ini penjelasan beberapa zat dalam buah alpukat yang berkhasiat bagi tubuh kita:

*
Vitamin E dan vitamin A
Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit. Campuran vitamin E dan vitamin A sangat berguna dalam perawatan kulit. Kombinasi vitamin E dan vitamin A membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.
*
Potasium atau Kalium
Potasium (dikenal juga sebagai kalium) yang ada dalam alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.
*
Lemak tak jenuh
Dalam alpukat ada lemak nabati yang tinggi yang tak jenuh. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolestrol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggii, kanker atau penyakit jantung. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mudah dicerna tubuh sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada tubuh. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.
*
Asam oleat
Asam oleat merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. Radikal bebas dalam tubuh akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.
*
Vitamin B6
Vitamin ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.
*
Zat Besi dan Tembaga
Zat ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia.
*
Mineral Mangaan dan Seng
Unsur ini bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga.

Buah kiwi terbagi atas 2 jenis yaitu kiwi hijau dan kiwi gold. Sesuai namanya, kiwi hijau mempunyai daging berwarna hijau dan kiwi gold memiliki daging dengan warna kuning. Buah ini memiliki bentuk yang cantik pada bagian dalamnya, biji-biji kecel pada bagian dalam daging membuat daging buah ini terlihat cantik. Oleh karena itu, irisan daging buah kiwi biasa digunakan sebagai hiasan kue tart atau minuman.

Selain bentuknya yang cantik. Anda akan merasa segar dengan mencicip buah ini. Rasa asam manis dan kandungan air yang dimilikinya membuatnya disukai. Terlebih lagi kandungan gizi yang dimilikinya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga untuk kecantikan.

A. Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Adapun manfaat buah kiwi untuk kesehatan, antara lain:

*
Memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar
Kiwi mengandung 100 mg vitamin C dalam 100 gram beratnya. Sedangkan jeruk hanya memiliki kandungan vitamin C sebanyak 54 mg per 100 gram. Ini berarti kandungan vitamin C pada sebutir kiwi sama dengan 2 buah jeruk.
*
Kaya Antioksidan
Kandungan polifenol, karotenoid dan enzim-enzim lain membentuk antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Hasilnya tubuh lebih sehat dan dapat terhindar dari banyak penyakit.
*
Mengandung Lutein dan Beta Karoten
Manfaat dari lutein dan beta karoten (vitamin A) adalah menjaga kesehatan mata. Maka dengan mengkonsumsi kiwi, fungsi penglihatan dapat terpelihara dengan baik.
*
Mengandung Kalium
Kalium berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kiwi juga dapat membantu mengurangi risiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam darah.
*
Menghilangkan Masalah Pencernaan
Kiwi dapat membantu bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan. Buang air besar tidak teratur atau kembung dapat diatasi dengan mengkonsumsinya secara teratur.

B. Manfaat Buah Kiwi bagi Kecantikan

Selain untuk kesehatan, buah kiwi juga sangat bermanfaat untuk kecantikan, antara lain:

* Dapat digunakan sebagai masker yang akan membuat kulit menjadi lebih elastis dan segar.
* Mengkonsumsi kiwi dapat membuat kulit menjadi bersinar, mengurangi kerutan pada wajah, dan lingkaran hitam pada mata yang dapat mengganggu penampilan.
* Kandungan antioksidannya juga membuat kulit terlihat kencang dan awet muda.
* Biji kiwi menghasilkan minyal omega-3 yang biasa digunakan untuk kosmetik.
* Hanya mengandung sedikit kalori, sehingga buah ini senang dikonsumsi oleh mereka yang sedang berdiet.

Daun sirih mempunyai khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini 10 khasiat daun sirih , yaitu:.

1. Menyembuhkan Penyakit Sariawan. Sebanyak 2 lembar daun sirih dicuci sampai bersih, kemudian dikunyah- kunyah sampai halus. Setelah selesai ampasnya dibuang.

2. Menyembuhkan Bau Mulut. Sebanyak 6 lembar daun sirih dicuci sampai bersih, kemudian direbus hingga mendidih dengan 2 gelas air. Didinginkan dan disaring, kemudian dipakai untuk berkumur setiap hari.

3. Menyembuhkan Batuk. Cuci sampai bersih 15 lembar daun sirih, kemudian direbus hingga mendidih dengan 3 gelas air sampai sisa 3/4-nya. Didinginkan dan disaring, lalu dicampur dengan madu, selanjutnya diminum.

4. Menyembuhkan Diare. Cuci sampai bersih 6 lembar daun sirih, kemudian dicampur dengan 6 biji lada dan satu sendok makan minyak kelapa. Campuran tersebut lalu digerus sampai halus, kemudian digosokkan pada perut yang sakit sampai sembuh.

5. Menyembuhkan Penyakit Sifilis. Sebanyak 30 lembar daun sirih yang sudah dicuci dicampur dengan 1/4 Kg gula merah, ditambah dengan garam secukupnya. Campuran kemudian direbus dengan 2 liter air sampai mendidih. Dinginkan dan saring, kemudian diminum 3 kali sehari sampai sembuh.

6. Menyembuhkan Penyakit Keputihan. sebanyak 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saring dan pada saat masih hangat dipakai untuk membersihkan daerah vagina dan sekitarnya.

7. Menyembuhkan Bau Badan. Sebanyak 3 lembar daun sirih yang sudah dicuci direndam dengan air panas setengah gelas ditambah satu sendok makan gula pasir. Saring dan biarkan sampai hangat-hangat kuku, kemudian diminum setiap hari.

8. Menyembuhkan Sakit Gigi. Cuci sampai bersih sebanyak 2 lembar daun sirih kemudian diremas, lalu diseduh dengan 1 gelas air panas dan tambahkan garam secukupnya sambil diaduk. Setelah dingin dipakai untuk berkumur.

9. Menyembuhkan Penyakit Bronkhitis. Sebanyak 8 lembar daun sirih dicuci lalu dirajang sampai halus. Kemudian direbus hingga mendidih dengan 2 gelas air. Biarkan sampai air rebusan sisa 1 gelas. Tambahkan sepotong gula batu. Saring, kemudian diminum 3 kali sehari sebanyak 3 sendok makan.

10. Menyembuhkan Mimisan. Sebanyak 1 lembar daun sirih dicuci sampai bersih, kemudian digulung sambil diremas agar airnya keluar lalu disumbatkan ke hidung.

Batuk kronis adalah batuk yang berlansung terus menerus atau tidak menghilang. Batuk kronis sebenarnya bukan penyakit, namun merupakan gejala dari penyakit-penyakit lain. Batuk kronis pada umumnya sering menyerang pada siapa pun.
Penyebab-Penyebab Batuk Kronis

Beberapa penyebab umum dari batuk kronis termasuk asma, allergic rhinitis, persoalan-persoalan sinus (contohnya infeksi sinus), dan pengaliran balik ke esophagus (esophageal reflux) dari isi-isi lambung. Pada kejadian-kejadian yang jarang, batuk kronis mungkin adalah akibat dari penghisapan dari benda-benda asing ke dalam paru-paru (biasanya pada anak-anak). Adalah sangat penting untuk memperoleh x-ray dada jika batuk kronis hadir. Berikut menyinggung pasien-pasien yang mempunyai x-ray dada yang normal.

1. Merokok adalah penyebab yang paling umum dari batuk kronis.
2. Asma adalah penyakit dari saluran udara, berakibat pada kesulitan bernapas atau mencuit-cuit yang seringkali dikarakteristikan oleh tes-tes pernapasan yang abnormal. Beberapa penderita-penderita asma mempunyai batuk kronis sebagai gejala mereka satu-satunya. Mereka mungkin bahkan mempunyai tes-tes fungsi paru yang normal. Ini serigkali dirujuk sebagai asma varian-batuk. Gejala-gejala asma dapat diperburuk oleh udara dingin, paparan pada pollutants (pengotor-pengotor) udara atau serbuk sari (pollen), asap, atau minyak-minyak wangi.
3. Gastroesophageal reflux disease (GERD), merujuk pada reflux, atau pengaliran balik, dari asam lambung dan isi-isi lain kedalam esophagus. Jika asam lambung bergerak balik naik ke esophagus, refleks-refleks berakibat pada spasme dari saluran-saluran udara yang dapat menyebabkan sesak napas dan batuk. Pada beberapa kejadian-kejadian, reflux (pengaliran balik) dapat menjadi begitu parah sehingga bahan-bahan dapat terhisap kedalam paru-paru dan menyebabkan gejala-gejala yang serupa serta kerusakan pada jaringan paru. Pada beberapa individual-individual, tidak ada rasa terbakar di dada (heartburn) dirasakan dan satu-satunya gejala mereka mungkin adalah batuk.
4. Persoalan-persoalan sinus dan tetesan postnasal dapat menyebabkan batuk kronis. Kondisi ini dapat menjadi sulit untuk dideteksi. Adakalanya CT scan dari sinus-sinus adalah perlu untuk diagnosis. Pasien-pasien seringkali mengeluh "perasaan gatal di tenggorokan mereka" dan membersihkan tenggorokan yang sering.
5. Infeksi-infeksi seperti bronchitis atau pneumonia dapat menyebabkan batuk. Infeksi-infeksi dapat disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur. Infeksi-infeksi virus tidak merespon pada antibiotik-antibiotik. Pada pasien-pasien dengan asma, infeksi-infeksi virus pernapasan bagian atas seringkali berakibat pada batuk yang berkepanjangan bahkan setelah infeksinya telah hilang.
6. Obat-obat tertentu, khususnya ace inhibitors [enalapril (Vasotec), captopril (Capoten) dll.] yang digunakan dalam merawattekanan darah tinggi, dapat menyebakan batuk kronis.
7. Penyebab-penyebab yang kurang umum dapat juga termasuk tumor-tumor, sarcoidosis atau penyakit paru lain.

Jika batuk kronis berlangsung lama pasien harus diperiksa secara intensif oleh dokter. Adalah penting untuk menyampingkan; asma, tetesan postnasal, esophageal reflux, efek sampingan obat, penyakit paru interstitial, atau infeksi-infeksi tidak umum lainnya.

 

Leukemia atau Kanker darah adalah jenis penyakit kanker yang menyerang sel-sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang (bone marrow). Sumsum tulang ini dalam tubuh manusia memproduksi tiga jenis sel darah diantaranya sel darah putih (berfungsi sebagai daya tahan tubuh melawan infeksi), sel darah merah (berfungsi membawa oxygen ke dalam tubuh) dan platelet (bagian kecil sel darah yang membantu proses pembekuan darah).

Leukemia pada umumnya muncul pada diri seseorang yang masih berusia dini. Sumsum tulang tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya telah memproduksi sel darah putih yang berkembang secara abnormal. Sel darah putih secara normal me-reproduksi ulang bila tubuh memerlukannya atau ada tempat bagi sel darah itu sendiri. Tubuh manusia akan memberikan tanda/signal secara teratur kapan sel darah diharapkan be-reproduksi kembali.

Pada kasus Leukemia di mana sel darah putih tidak merespon kepada tanda/signal yang diberikan. Akhirnya produksi yang berlebihan tidak terkontrol (abnormal) akan keluar dari sumsum tulang dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Jumlah sel darah putih yang abnormal ini bila berlebihan dapat mengganggu fungsi normal sel lainnya, Seseorang dengan kondisi seperti ini akan menunjukkan beberapa gejala seperti; mudah terkena penyakit infeksi, anemia dan perdarahan.

Penyakit Leukemia Akut dan Kronis
Leukemia akut ditandai dengan suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat, mematikan, dan memburuk. Apabila hal ini tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan kematian dalam hitungan minggu hingga hari. Sedangkan leukemia kronis memiliki perjalanan penyakit yang tidak begitu cepat sehingga memiliki harapan hidup yang lebih lama, hingga lebih dari 1 tahun.

Klasifikasi Leukemia berdasarkan jenis sel
Ketika pada pemeriksaan diketahui bahwa leukemia mempengaruhi limfosit atau sel limfoid, maka disebut leukemia limfositik. Sedangkan leukemia yang mempengaruhi sel mieloid seperti neutrofil, basofil, dan eosinofil, disebut leukemia mielositik.
Dari klasifikasi ini, maka Leukemia dibagi menjadi empat tipe, yaitu:

1. Leukemia limfositik akut (LLA). Merupakan tipe leukemia paling sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini juga terdapat pada dewasa yang terutama telah berumur 65 tahun atau lebih.
2. Leukemia mielositik akut (LMA). Ini lebih sering terjadi pada dewasa daripada anak-anak. Tipe ini dahulunya disebut leukemia nonlimfositik akut.
3. Leukemia limfositik kronis (LLK). Hal ini sering diderita oleh orang dewasa yang berumur lebih dari 55 tahun. Kadang-kadang juga diderita oleh dewasa muda, dan hampir tidak ada pada anak-anak.
4. Leukemia mielositik kronis (LMK) sering terjadi pada orang dewasa. Dapat juga terjadi pada anak-anak, namun sangat sedikit.

Penyebab-Penyebab Leukemia
Penyebab eukemia belum dapat diketahui secara pasti, akan tetapi ada beberapa faktor yang diduga mempengaruhi frekuensi terjadinya leukemia.

1. Faktor Radiasi. Hal ini ditunjang dengan beberapa laporan dari beberapa riset yang menangani kasus Leukemia bahwa Para pegawai radiologi lebih sering menderita leukemia, Penerita dengan radioterapi lebih sering menderita leukemia, Leukemia ditemukan pada korban hidup kejadian bom atom Hiroshima dan Nagasaki, Jepang.
2. Faktor Leukemogenik. Beberapa zat kimia dilaporkan telah diidentifikasi dapat mempengaruhi frekuensi leukemia, misalnya racun lingkungan seperti benzena, bahan kimia inustri seperti insektisida, obat-obatan yang digunakan untuk kemoterapi.
3. Faktor Herediter. Penderita Down Syndrom memiliki insidensi leukemia akut 20 kali lebih besar dari orang normal.
4. Faktor Virus. Beberapa jenis virus dapat menyebabkan leukemia, seperti retrovirus, virus leukemia feline, HTLV-1 pada dewasa.

Tanda dan Gejala Penyakit Leukemia
Gejala Leukemia yang ditimbulkan umumnya berbeda diantara penderita, namun demikian secara umum dapat digambarkan sebagai berikut:

1. Anemia. Penderita akan menampakkan cepat lelah, pucat dan bernafas cepat (sel darah merah dibawah normal menyebabkan oxygen dalam tubuh kurang, akibatnya penderita bernafas cepat sebagai kompensasi pemenuhan kekurangan oxygen dalam tubuh).
2. Perdarahan. Ketika Platelet (sel pembeku darah) tidak terproduksi dengan wajar karena didominasi oleh sel darah putih, maka penderita akan mengalami perdarahan dijaringan kulit (banyaknya jentik merah lebar/kecil dijaringan kulit).
3. Terserang Infeksi. Sel darah putih berperan sebagai pelindung daya tahan tubuh, terutama melawan penyakit infeksi. Pada Penderita Leukemia, sel darah putih yang diterbentuk adalah tidak normal (abnormal) sehingga tidak berfungsi semestinya. Akibatnya tubuh si penderita rentan terkena infeksi virus/bakteri, bahkan dengan sendirinya akan menampakkan keluhan adanya demam, keluar cairan putih dari hidung (meler) dan batuk.
4. Nyeri Tulang dan Persendian. Hal ini disebabkan sebagai akibat dari sumsum tulang (bone marrow) mendesak padat oleh sel darah putih.
5. Nyeri Perut. Nyeri perut juga merupakan salah satu indikasi gejala leukemia, dimana sel leukemia dapat terkumpul pada organ ginjal, hati dan empedu yang menyebabkan pembesaran pada organ-organ tubuh ini dan timbulah nyeri. Nyeri perut ini dapat berdampak hilangnya nafsu makan penderita leukemia.
6. Pembengkakan Kelenjar Lympa. Penderita kemungkinan besar mengalami pembengkakan pada kelenjar lympa, baik itu yang dibawah lengan, leher, dada dan lainnya. Kelenjar lympa bertugas menyaring darah, sel leukemia dapat terkumpul disini dan menyebabkan pembengkakan.
7. Kesulitan Bernafas (Dyspnea). Penderita mungkin menampakkan gejala kesulitan bernafas dan nyeri dada, apabila terjadi hal ini maka harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Diagnosa, Penanganan, dan Pengobatan Penyakit Leukemia
Penyakit Leukemia dapat dipastikan dengan beberapa pemeriksaan, diantaranya adalah ; Biopsy, Pemeriksaan darah {complete blood count (CBC)}, CT or CAT scan, magnetic resonance imaging (MRI), X-ray, Ultrasound, Spinal tap/lumbar puncture.

Penanganan kasus penyakit Leukemia biasanya dimulai dari gejala yang muncul, seperti anemia, perdarahan dan infeksi. Secara garis besar bisa dilakukan dengan cara single ataupun gabungan dari beberapa metode dibawah ini:

1. Chemotherapy/intrathecal medications
2. Therapy Radiasi. Metode ini sangat jarang sekali digunakan
3. Transplantasi bone marrow (sumsum tulang)
4. Pemberian obat-obatan tablet dan suntik
5. Transfusi sel darah merah atau platelet.

Sistem Therapi yang sering digunakan dalam menangani penderita leukemia adalah kombinasi antara Chemotherapy (kemoterapi) dan pemberian obat-obatan yang berfokus pada pemberhentian produksi sel darah putih yang abnormal dalam bone marrow. Selanjutnya adalah penanganan terhadap beberapa gejala dan tanda yang telah ditampakkan oleh tubuh penderita dengan monitor yang komprehensive.

Penyakit Kaki Gajah (Filariasis atau Elephantiasis) adalah golongan penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk. Setelah tergigit nyamuk, parasit (larva) akan menjalar dan ketika sampai pada jaringan sistem lympa maka berkembanglah menjadi penyakit tersebut.
 
Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat tetap berupa pembesaran kaki, lengan dan atau alat kelamin, baik pada perempuan maupun pada laki-laki. Penyakit Kaki Gajah bukanlah penyakit yang mematikan, Namun demikian bagi penderita dapat mengganggu aktifitas sehari-hari. Bahkan mungkin menimbulkan rasa malu yang tak terkirakan.
 
Penyakit Kaki Gajah umumnya banyak terdapat pada wilayah tropis. Menurut WHO, urutan negara yang terdapat penderita mengalami penyakit kaki gajah adalah Asia Selatan (India dan Bangladesh), Afrika, Pasifik dan Amerika. Belakangan banyak pula terjadi di negara Asia Tenggara (Thailand dan Indonesia)
 
A. Penularan Penyakit Kaki Gajah
 
Penyakit ini ditularkan melalui nyamuk yang menghisap darah seseorang yang telah tertular sebelumnya. Darah yang terinfeksi dan mengandung larva dan akan ditularkan ke orang lain pada saat nyamuk yang terinfeksi menggigit atau menghisap darah orang tersebut.
 
Tidak seperti Malaria dan Demam berdarah, Filariasis dapat ditularkan oleh 23 spesies nyamuk dari genus Anopheles, Culex, Mansonia, Aedes & Armigeres. Karena inilah, Filariasis dapat menular dengan sangat cepat.
 
 
B. Tanda dan Gejala Penyakit Kaki Gajah
 
Seseorang yang terinfeksi penyakit kaki gajah umumnya terjadi pada usia kanak-kanak, dimana dalam waktu yang cukup lama (bertahun-tahun) mulai dirasakan perkembangannya.
 
Adapun gejala akut yang dapat terjadi antara lain :
 
   1. Demam berulang-ulang selama 3-5 hari, demam dapat hilang bila istirahat dan muncul lagi setelah bekerja berat
   2. Pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka) di daerah lipatan paha, ketiak (lymphadenitis) yang tampak kemerahan, panas dan sakit
   3. Radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan kearah ujung (retrograde lymphangitis)
   4. Filarial abses akibat seringnya menderita pembengkakan kelenjar getah bening, dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah
   5. Pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas (early lymphodema)
 
 
Sedangkan gejala kronis dari penyakit kaki gajah yaitu berupa pembesaran yang menetap (elephantiasis) pada tungkai, lengan, buah dada, buah zakar (elephantiasis skroti).
 
C. Pemeriksaan Diagnostik Penyakit Kaki Gajah
 
Penyakit kaki gajah ini umumnya terdeteksi melalui pemeriksaan mikroskopis darah, Sampai saat ini hal tersebut masih dirasakan sulit dilakukan karena microfilaria hanya muncul dan menampilkan diri dalam darah pada waktu malam hari selama beberapa jam saja (nocturnal periodicity).
 
Selain itu, berbagai methode pemeriksaan juga dilakukan untuk mendiagnosa penyakit kaki gajah. Diantaranya ialah dengan system yang dikenal sebagai Penjaringan membran, Metode konsentrasi Knott dan Teknik pengendapan.
 
Metode pemeriksaan yang lebih mendekati kearah diagnosa dan diakui oleh pihak WHO adalah dengan jalan pemeriksaan sistem "Tes kartu", Hal ini sangatlah sederhana dan peka untuk mendeteksi penyebaran parasit (larva). Yaitu dengan cara mengambil sample darah sistem tusukan jari droplets diwaktu kapanpun, tidak harus dimalam hari.
 
D. Penanganan dan Pengobatan Penyakit Kaki Gajah
 
Tujuan utama dalam penanganan dini terhadap penderita penyakit kaki gajah adalah membasmi parasit atau larva yang berkembang dalam tubuh penderita, sehingga tingkat penularan dapat ditekan dan dikurangi.
 
Dietilkarbamasin {diethylcarbamazine (DEC)} adalah satu-satunya obat filariasis yang ampuh baik untuk filariasis bancrofti maupun malayi, bersifat makrofilarisidal dan mikrofilarisidal. Obat ini tergolong murah, aman dan tidak ada resistensi obat. Penderita yang mendapatkan terapi obat ini mungkin akan memberikan reaksi samping sistemik dan lokal yang bersifat sementara dan mudah diatasi dengan obat simtomatik.
 
Dietilkarbamasin tidak dapat dipakai untuk khemoprofilaksis. Pengobatan diberikan oral sesudah makan malam, diserap cepat, mencapai konsentrasi puncak dalam darah dalam 3 jam, dan diekskresi melalui air kemih. Dietilkarbamasin tidak diberikanpada anak berumur kurang dari 2 tahun, ibu hamil/menyusui, dan penderita sakit berat atau
dalam keadaan lemah.
 
Namun pada kasus penyakit kaki gajah yang cukup parah (sudah membesar) karena tidak terdeteksi dini, selain pemberian obat-obatan tentunya memerlukan langkah lanjutan seperti tindakan operasi.
 
E. Pencegahan Penyakit Kaki Gajah
 
Bagi penderita penyakit gajah diharapkan segera memeriksakan diri ke dokter, agar segera mendapatkan penanganan obat-obatan sehingga tidak menyebarkan penularan kepada orang lain.
 
Masyarakat diharapkan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan agar dapat mencegah penyebaran nyamuk di daerahnya masing-masing. Sehingga dapat memutus mata rantai penularan penyakit ini