X KETO DIET Click Here!

Developed in conjunction with Ext-Joom.com

 

 Ahmad Musa Said

Peneliti pada Balai Riset Budidaya Ikan Hias – Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sekretaris IKAKIMIA UNHAS 2015-2020, Pengurus Majelis Nasional KAHMI 2017-2022 Bidang Kelautan dan Perikanan, lead finder consultant.

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lab Indonesia, event dua tahunan yang merupakan pameran teknologi peralatan laboratorium terbesar di Asia Tenggara telah selesai. Acara ini secara resmi dibuka Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir. Acara ini dilaksanakan di di Hall A dan B, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Selatan selama tiga hari pada tanggal 4 – 6 April 2018. Event ini merupakan ajang yang ditunggu-tunggu khalayak ilmuwan, akademisi, teknisi, praktisi serta mahasiswa yang memiliki kaitan dengan laboratorium beserta pernak-pernik dan asesorisnya.

Saya sendiri baru berpartisipasi mengikuti acara ini sebanyak empat kali, yaitu : 2012, 2014, 2016 dan tahun 2018 ini. Sejak ikut pertama kali, maka saya selalu memantau kapan event selanjutnya karena banyak hal bermanfaat yang didapatkan selama mengikuti event ini. Beberapa manfaat yang didapatkan dalam event ini antara lain mendapatkan informasi terbaru mengenai perkembangan laboratorium dan teknologi analisis terbaru yang semakin maju banyak dipamerkan dalam event ini.

Untuk memasuki hall utama peserta diwajibkan mendapatkan namecard peserta dulu di meja registrasi. Padatnya pengunjung terlihat dari antrian yang penuh. Bahkan bagi yang telah registrasi onlinepun tetap mesti mengantri lama. Sejam sebelum hall utama dibuka, pengunjung telah antri di depan pintu. Kecuali bagi mereka yang mengikuti acara seminar pendukung, dapat masuk lebih dahulu.

 

Begitu pintu masuk terbuka, maka Booth yang paling pertama terlihat adalah booth milik PT ITS Science Indonesia, posisi ini sangat strategis karena semua mata pengunjung pertama kali akan langsung mengenali ITS, kesan pertama menentukan, begitu mungkin harapan dari pihak perusahaan yang mengageni banyak instrument laboratorium ini. Berada di booth terdepan juga menjadi pertaruhan untuk memberikan layanan terbaik bagi pengunjung. Di antara booth terdepan yang juga banyak menarik perhatian pengunjung adalah PT. Merck Chemicals & Life Sciences dan PT. Metrohm Indonesia, ketiganya berada di garis depan dan tentunya bertaruh untuk memberi pelayanan yang baik ke pengunjung. Bisa dibayangkan dengan posisi terdepan namun servis yang kurang memuaskan, maka mungkin akan membuat mood peserta akan berkurang.

 

 

 Booth PT. ITS Science Indonesia yang terlihat pertama kali ketika memasuki hall utama

 

 

Booth PT. Merck Chemicals & Life Science, perpaduan warna yang indah menurut kami merupakan booth dengan warna yang paling menyejukkan

Namun terbukti, ketiga booth terdepan ini berhasil menanamkan kesan bonafid, mau bukti? Lihat dari ukuran tasnya yang besar dan kuat, dengan ukuran tas yang besar, maka akan menjadi pilihan pengunjung untuk menyimpan pernak-pernik dan souvenir yang didapatkan dari pameran ini. Maka selama di pameran, tas yang paling mencolok dan banyak dicari pengunjung adalah tas dari ketiga booth ini. Tentunya ini adalah cara promosi yang efektif, kemana mata memandang, tas-tas tersebut selalu berada dalam jepitan ketiak maupun genggaman tangan pengunjung. Bravo !!!

Berbicara tas, salah satu perusahaan yang tidak di garis terdepan namun juga memberikan tas berukuran besar adalah PT. Buchi Indonesia, dengan corak hitam kuning, meskipun boothnya termasuk berukuran kecil, namun tasnya termasuk banyak dijinjing oleh peserta. Melihat banyaknya souvenir menarik, sepertinya niat peserta banyak yang goyah, dari yang ingin memantau perkembangan teknologi dan belajar, akhirnya berubah menjadi seorang souvenir hunter, tentunya hanya segelintir, banyak juga yang istiqamah sambil berharap dapat rezeki nomplok.

Baiklah, mari kita bahas souvenir. Berdasarkan pengamatan kami, souvenir menarik akan menimbulkan kesan ekslusif dan mendalam bagi pengunjung booth, bahkan bisa sampai jatuh cinta dan berniat untuk melakukan pelamaran, eh, maksudya pembelian.

Flashdisk adalah salah satu souvenir yang menarik dan banyak diminati, beberapa flashdisk yang didapatkan berasal dari Beckman Coulter yang juga dapat ditancapkan pada Smartphone (OTG), dari Showa Denko Singapore Pte Ltd yang berbentuk kolom, dari Hindustan Platinum berbentuk gantungan kunci, dari Retsch (PT. ITS Science Indonesia) dan dari Wholesame PTE LTD.

 

Selain sebagai souvenir, mereka juga telah memasukkan data dan info tentang perusahaan dan katalog produk dalam flashdisk ini, jadi lebih memudahkan bagi pengunjung untuk mengingat.

Tempat air minum juga menjadi pilihan asesoris yang menarik karena akan mengingatkan pengunjung pada brand saat digunakan sehari-hari. Thumbler menarik contohnya berlogo Amersham (PT. ITS Science Indonesia) yang berbentuk notebook ukuran A5 dan dari Flexisolve Technology Pte Ltd yang berbentuk Vacuum Cup serta tersedia penyaring kopi di dalamnya.

 

 

  Tentunya, minum dengan menggunakan wadah tersebut tidak menjadi jaminan anda akan menghasilkan jurnal internasional, tapi paling tidak akan makin nikmat. Masa iya sih??? Iyalah, GRATIS.

PT. Buchi Indonesia memiliki souvenir unik yaitu tempat paspor, dengan memiliki ini maka motivasi untuk keluar negeri akan semakin meningkat, baik itu dalam rangka ibadah haji dan umrah, maupun dalam rangka studi, ataupun untuk sekedar bertamasya, soalnya sayang kalau souvenir ini tidak digunakan.

 

 

 

Ada pula senter dari TOSOH Asia PTE LTD, yang unik, sinar lampunya akan membentuk logo perusahaan ini.

 

 

Tentunya senter ini bermanfaat untuk penerangan di kala gelap malam ataupun saat lampu padam, bukan sebagai jalan keluar bagi bujangan yang tak kunjung ketemu jodohnya. Namun saat Tarif Dasar Listrik semakin menggila, bolehlah padamkan lampu lalu menggunakan senter ini sebagai sumber cahaya.

Baju merupakan souvenir yang cukup bermanfaat, baju sebagai souvenir disiapkan oleh PT Metrohm Indonesia, PT. Merck Chemicals & Life Sciences dan PT. Infiniti Bioanalitika yang menjadi agen tunggal brand Eppendorf.

 

Satu souvenir yang unik adalah kartu Brizzi yang merupakan alat pembayaran non tunai dari BRI, souvenir ini didapatkan dari PT. Spektrakrom Indonesia. Langsung saja saya manfaatkan sepulang dari JCC Senayan untuk menggunakan Kereta dan betul, di dalamnya masih terdapat saldo sebesar IDR 35000,-. Tentunya kemana saya pergi, kartu ini akan setia menemani saya hingga saldonya habis, mudah-mudahan ke depan dapat yang saldonya unlimited.

 

Ada juga tas waterproof yang disediakan oleh Agilent, sebenarnya PT. Metrohm Indonesia juga pernah menyiapkan, namun dikarenakan sesuatu dan lain hal, maka gambarnya tidak akan ditampilkan disini. Mau tau penyebabnya? Mau tau atau mau tau banget?

 

 

Souvenir selanjutnya adalah notebook, kali ini top three nya berasal dari GE (PT. ITS Science Indonesia), Peak Scientific (PT. Berca Niaga Medica) dan PT. Metrohm Indonesia.

 

 

 

Buat mereka yang sering travelling dan hobi (BBC) bobo-bobo cantik, maka souvenir berupa bantal leher dari PT. GeneCraft Labs dan Anton Paar (PT. Equiva Ligand Indonesia) tentunya sangat cocok buat Anda.

 

 

 

Souvenir yang paling banyak dan hampir ada di setiap booth adalah pulpen, namun kali ini saya akan tampilkan satu pulpen yang menurut saya paling unik. Yaitu pulpen multiguna, selain untuk alat menulis, sisi pulpen ini berguna menjadi alat ukur dengan satuan Centimeter dan Inchi. Sisi lainnya juga berguna sebagai waterpass. Apa guna waterpass di laboratorium? Sangat penting, kinerja instrument dapat terganggu jika diletakkan pada permukaan yang tidak datar. Selain waterpass, ujung atas pulpen ini berguna sebagai stylus untuk layer sentuh gadget anda, nah, jika stylus ini dibuka, ternyata di dalamnya terdapat mata obeng bunga dan datar. Keren kan? Pulpen ini merupakan souvenir dari Showa Denko Singapore Pte Ltd.

 

 

Nah, ini yang ajaib, dalam event ini saya membawa kartu nama yang saya simpan dalam holder yang sudah lapuk, dalam hati saya berdoa semoga ada yang souvenir berupa card older, teh pucuk dicinta, dollarpun tiba, di booth PT. Smart Lab Indonesia saya mendapatkan souvenir yang baru dan jauh lebih keren.

                      

 

 

Terlihat kan bedanya yang bujang lapuk dan yang baru?. Alhamdulillaah, tidak perlu menunggu tahun 2019, untuk ganti card holder.

Meskipun tanpa souvenir yang istimewa, PT. Majabintang Indonesia menawarkan dalam bentuk lain, yaitu doorprize untuk seminar teknis yang mewah severti TV dan smartphone. Selain souvenir, semua perusahaan tersebut di atas tentunya sangat mengedepankan keramahan, ibarat kata, walaupun anda memberi emas tapi dengan cara yang tidak sopan, tentunya akan tetap kami ambil, tapi jangan harap kami terkesan. Dengan keramahan dan tanggapan yang serius, mereka menunjukkan bahwa kepuasan tidak sebatas berdasarkan souvenir tapi ketulusan. Hampir semua booth yang kami kunjungi memberikan pelayanan yang sangat ramah, PT. Creative Mitra Selaras Indonesia, PT. Hartech Indonesia dan PT. Vision Teknik juga masuk kategori melayani dengan kekeluargaan dan keramahan, bahkan ada yang sampai mengajak makan ketika tiba waktu makan siang. Tidak semua perusahaan dapat kami sebutkan, dikarenakan terbatasnya memori, juga ada yang kurang dalam pelayanan namun tak usah disebut disini, cukup menjadi bahan evaluasi kami.

 

Senyum sapa dari karyawan PT. Majabintang Indonesia dan PT. Hartech

 

 

 

 Keramahan optimis dari PT. Creative Mitra Selaras Indonesia, PT. Infiniti Bioanalitika dan Wholesame Ltd

 

 

 Antusiasme staf PT. Vision Teknik dalam merespon pertanyaan pengunjung

Sepanjang pengamatan kami, selain booth dari berbagai perusahaan dalam negeri, terdapat juga pavilion untuk perusahaan-perusahaan yang berasal dari negara tertentu yaitu Cina, Jerman, India dan Singapura. Hal yang menarik adalah India kini bangkit bersaing dengan Cina di bidang industry laboratorium. Mereka mulai menapak menjadi produsen, untuk bahan kimia, ada S D Fine Chem Ltd dan Himedia. Bahkan sudah ada Hindustan Platinum yang bergerak di bidang industri plate platinum yang digunakan untuk preparasi sampel pada analisis logam. Pertanyaannya adalah kapan Indonesia bisa berjaya menjadi produsen? Kita bersyukur bahwa sudah ada produk lokal seperti Smart Lab yang mulai berani memproduksi bahan kimia lokal terutama pelarut. Sayangnya mereka belum mampu memproduksi standar, namun paling tidak, berawal daris ini, pada Lab Indonesia 2020, mereka pun dapat berkembang pesat. Semoga !!!

Dalam event ini, bertemu dengan sahabat lama yang aktif di bidang yang sama juga menjadi hiburan tersendiri. Berdiskusi dengan sales marketing yang dulunya di perusahaan A namun tahun ini di perusahaan B juga menjadi pelajaran tersendiri. Bahwa dunia ini sempit, dunia laboratorium tentunya lebih sempit, maka sekali integritas anda tercoreng, itu berarti anda telah menghancurkan karir anda di bidang ini. Betapa tidak, hampir semua perusahaan laboratorium saling terkoneksi, dan sangat mudah untuk mendeteksi rekam jejak anda. Olehnya, jagalah integritas anda pribadi maka kepercayaan mitra anda juga akan terjaga.

Tahukah anda apakah souvenir fisik yang paling berharga dari event ini? Menurut saya, benda fisik yang paling berharga adalah kartu nama. Ya, dengan kartu nama ini maka anda dapat menemukan solusi dan jawaban siapa yang mesti dihubungi ketika suatu saat anda menghadapi masalah di bidang yang terkait, mungkin juga solusi menemukan pasangan bagi pengunjung yang masih jomblo. Kalau mujur yaah.

 

 

Banyak teman yang bertanya, kok bisa dapat souvenir yang menarik? Wajahnya jangan terlalu tampan jawabku. Acara yang diselenggarakan bersama oleh ECMI ITE Asia Sdn Bhd and PT. ITE Exhibitions Indonesia dengan event organizer PT. Prakarsa Sinergi Utama terbilang sukses dan ucapan selamat perlu disematkan kepada event organizer yang memadukan acara ini hingga menjadi sebuah event yang bermanfaat bagi khalayak laboratorium Indonesia. Acara ini selain untuk ajang berbagi informasi, tentu juga menjadi ajang pertaruhan di mata internasional, bahwa masyarakat Indonesia tidak tertinggal di bidang sains dan laboratorium, meski saat ini masih mayoritas menjadi konsumen, namun yakin dengan kebersamaan dan tekad bulat, suatu saat produk Indonesia akan berdaulat di negeri sendiri. Yakin Usaha Sampai, Yakusa istilah kami di Himpunan Mahasiswa Islam sewaktu kuliah dulu.

Tentu tak ada gading yang tak retak, untuk ke depan masih perlu ditingkatkan mengenai kecepatan proses pencetakan badge peserta, selain itu perlu difikirkan agar ke depan dapat dimulai dari jam 9 atau jam 8 pagi. Pelaksanaan yang bertepatan hari Jum’at juga akan mengurangi waktu optimal karena akan bertepatan dengan Shalat Jumat yang paling tidak memakan waktu sejam dan jika ditambah dengan istirahat dan makan siang dapat mencapai 2 jam. Perlu difikirkan pelaksanaan Selasa – Kamis, bukan Rabu – Jumat seperti yang telah berlangsung selama ini.

 

 Sekedar bukti kalo saya benar-benar ikut

Menyaksikan meriahnya kesuksesan acara ini, kami menilai ini bukan sekedar pameran, tapi sebuah festival dan perayaan, merayakan sains dan teknologi. Mereka yang boleh salah tapi tak boleh bohong, mereka yang selalu tabah mengamati hasil eksperimen, mereka yang selalu bijak dengan kerumitan pekerjaan, disinilah mereka dapat rehat sejenak, menikmati hadiah ilmuwan untuk masa depan. Masa depan sains dan teknologi

So, jika tak ada aral melintang, dan masih ada umur panjang, sampai jumpa di Lab Indonesia 2020

 

.

Note :

Semua barang yang ditampilkan di atas adalah sampel semata, bukan untuk dibagikan.

Berikut list alumni yang telah melakukan registrasi via website pertanggal 25 Februari 2018. Data akan diupdate setiap bulan, bagi alumni yang belum registrasi silakan melakukan registrasi via https://www.ikakimiaunhas.org/index.php/biodata-alumni

Bagi yang ingin melakukan perubahan data seperti pekerjaan dan instansi silakan lakukan registrasi ulang atau menghubungi sekretaris di nomor 089507912912 dan menyebutkan perubahan datanya.

Terima kasih

Hormat kami
Sekretaris Umum


Ahmad Musa Said (Uca')

089507912912

No Nama Lengkap Angkatan Bidang Pekerjaan Instansi
1 Nursiah La Nafie 1977 Dosen Universitas Haasanuddin
2 Yusafir Hala 1977 Dosen  Kimia FMIPA Unhas
3 Paulina Taba 1978 Dosen Universitas Hasanuddin
4 sri indriati 1978 dosen Politeknik Negeri Ujung Pandang
5 Rifaid M.Nur, MEng, PhD. 1979 Housing finance Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat
6 Syarifuddin KA. 1979 Dosen Kopertis Wil.IX Sulawesi Kopertis Wil.IX
7 Abdul Karim 1981 Dosen Universitas Hasanuddin
8 Dr.Rugaiyah Andi Arfah, M.Si 1981 Pendidikan (dosen) FMIPA UNHAS
9 Hasnah Natsir 1981 Dosen Biokimia Fak MIPA Universitas Hasanuddin
10 NURSAMRAN SUBANDI 1981 POLRI PUSLABFOR BARESKRIM POLRI
11 Safrida A Mukti 1981 Wiraswasta  
12 Abdul Azis  1982 Dosen PNUP
13 Mappaselle 1982 Pertambangan PT. Vale
14 Faizal Muis 1983 PNS KLHK - P3E Sulawesi dan Maluku di Makassar
15 Indah Raya Andi Rumpang 1983 Tenaga pendidik Unhas
16 yohanis panggalo 1983 general contractor swasta
17 Agustina Sampe 1984 Oleochemical Industry PT. SUMI ASIH
18 ALFRIDA ESTHER SUOTH 1984 PNS  
19 Andi Aladin 1984 Pendidikan / Dosen UMI makassar
20 Bohari Yusuf 1984 Dosen Universitas Mulawarman
21 Hamzah 1984 Perekayasaan Bidang Industri Kimia BPPT
22 Husain Sosidi 1984 PNS Pengajar  Fakultas MIPA Universitas Tadulako Palu 
23 Indra Diannanjaya 1984 Karyawan Swasta   
24 Jemmy Abidjulu 1984 Dosen UNIVÉRSITAS SAM RATULANGI MANADO
25 SULAEMAN MAPPASESSU DAENG SITABA 1984 POLRI  
26 Ady Kurnia 1985 Dosen Universitas Indonesia Timur
27 andi nurwida 1985 tidak ada tidak ada
28 Catherina Bijang 1985 Dosen Universitas Pattimura
29 Dahlan Dacca 1985 Jasa Inspeksi & Pengujian PT. SUCOFINDO (Persero)
30 Dr.dra.Hasri, M,Si 1985 Dosen Universitas Negeri Makassar
31 IDRUS 1985 KEDOKTERAN KEPOLISIAN POLRI
32 Ismul Jalala 1985 Wiraswasta  
33 Lydia Melawaty 1985 Dosen  
34 Nisbaniyati 1985    
35 Sitti Nurhayati, S.Si 1985 Pegawai Negeri Sipil Dinas Pertambangan dan Energi
36 TAHIRAH HASAN 1985 DOSEN UIM MAKASSAR
37 Zainuddin Muchtar 1985 Dosen Universitas Negeri Medan (Unimed)
38 Abdul Majid 1986 PNS  
39 Dr.Hj.Maulidiyah, S.Si., M.Si. 1986 Dosen Universitas Halu Oleo
40 M.Farid Rafid 1986 karyawan Pt. Freeport Indonesia
41 MISWAR 1986 PENDIDIKAN JILC
42 Muhammad Nurdin 1986 Dosen  
43 USMAN 1986 pns FKIP UNMUL SAMARINDA
44 Awalina Soetikno Satya 1987 Peneliti P2L LIPI
45 Maryanti Yusuf 1987   PT. Suzuki Indomobil Motor
46 Paulus PANCA Ramba 1987 Karyawan swasta Freeport
47 sukmawati 1987    
48 AGUS SUYONO 1988 PERBANKAN BNI
49 humriah 1988 wiraswasta  
50 maria ulfa 1988 PNS univ.mataram
51 Nur'aini 1988 Guru SMP Negeri 36 Makassar
52 AHMAD RIDHAY 1989 Akademisi Universitas Tadulako
53 Dr. Yuszda K. Salimi, M.Si 1989 Dosen Universitas Negeri Gorontalo
54 Dwi juli puspitasari 1989 Dosen Fmipa Univ.tadulako palu
55 Erwin 1989 Dosen UNMUL
56 Muhammad Zakir 1989 Pendidikan Kemenristekdikti
57 Abdul.Malik 1990 Swasta  
58 Muhammad Amin 1990 Dosen Universitas Khairun
59 Noor fitri 1990 Dosen UII
60 Rosmini Tamin  1990 Perencanaan & Keuangan Kanwil Agama Sulsel
61 Dr. St. Fauziah, M.SI.  1991   Universitas samsuddin
62 Muhammad Anis  1991 Pendidikan Dasar dan Menengah  LPMP Sulawesi  Selatan 
63 Muhammad Rusli R 1991 Wiraswasta  
64 Andarias Rongan 1992 Administrasi TNI AD
65 Moch. Luthfie Noegraha 1992 Juru Jagal Pammolongang Industry
66 Rusli 1992 Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat / P3MD Kementrian Desa
67 Tajuddin Mustafa 1992 Pertambangan PT. Manggala Usaha Manunggal, Titan Group
68 Alwin hr 1993 Wiraswasta  
69 ERNI BURHANUDDIN 1993 guru SMAN 1 WONOMULYO
70 Ismail Marzuki 1993 Dosen Kopertis Wil. 9 Sulawesi
71 Abdillah thamrin 1994 Guru SMAN 1 Sukamaju
72 Kamaruddin,S.Si 1994 Guru SMAN 1 Penrang Wajo
73 Mardiana 1994 Wiraswasta  
74 Wahyuddin Junus 1994 Editor/Penulis Kampung Buku
75 Abu Abid Abdillah AlFatih 1995 Wiraswasta Four J Operation (4JO)
76 Husnawati 1995 Pendidikan Sman 1 parangloe
77 Ida Ifdaliah Amin 1995 Dosen Universitas Muhammadiyah Makassar
78 khadijah 1995 pengajar Universitas Khairun
79 syahir 1995 Mineral Mine J RESOURCES NUSANTARA
80 Syamsul qadar 1995 Farmasi PT. Novartis Indonesia
81 Lalu Rijal Hadi 1996 PNS BLH Kutai Kartanegara Kaltim
82 Merliyani 1996    
83 Muhammad Gusri 1996 Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Nasional
84 Muhammad Ramli Rahim 1996 Entrepreneur Ranu Corp
85 Musriana 1996 Perbankan BUMN
86 nurvianty 1996 pns rsud. prof.dr.h.m.anwar makkatutu bantaeng
87 Olivia Kabi 1996 Oil and Gas Santos Ltd
88 Ridwan Adi Surya 1996 PNS LPMP SULAWESI TENGGARA
89 Sofyan 1996    
90 Andi dian dwi epimadya 1997 perencanaan dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak pengendalian penduduk dan keluarga berencana
91 ANJAS RUSLI 1997 Kesehatan Pemda Lutra
92 Era dachri 1997 Pendidikan Sman 1bontomarannu
93 Hasparuddin,S.Si 1997 PNS SMP NEGERI 2 WOTU
94 Hasrul 1997 Perbankan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk 
95 Jamuddin 1997 Guru Teknik Komputer Dan Jaringan SMKN 02 BOMBANA
96 Mikael 1997 RnD MARS
97 Nur nasrullah 1997 Pegawai swasta Adira finance
98 Sarni 1997 pendidikan  
99 Tawakkal Tawaf 1997 Financial Wahana Ottomitra Multiartha
100 Agussalim 1998 Pemerintahan Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Selatan
101 Ahmad Muchsin Jayali 1998 Fasilitator Umrah Haji PT. Arminareka Perdana
102 ARHAM 1998 INSTANSI PEMERINTAH BALAI POM DI AMBON
103 Erwin 1998 Manufakturing Swasta
104 Hijrah Hardi 1998 Laboratorium lingkungan hidup Dinas Perumahan Kawasan permukiman dan lingkungan hidup kab. Tojo Una-Una
105 Miswar Fattah 1998 Kesehatan, laboratorium medik Prodia Clinical Laboratory
106 Yoriana Patabang 1998 Guru SMA N 2 Sangatta Utara
107 Yusri 1998 Perbankan Rabobank International Indonesia
108 Ahmad Musa 1999 Peneliti Kementerian Kelautan dan Perikanan
109 Andi Magfirawi Nawir 1999 Accounting eMHa Corp
110 Awaluddin Iwan Perdana 1999 Pns UIN Alauddin
111 Fatmawaty 1999 Karyawan swasta  
112 Herawati 1999 PNS SMA NASIONAL MAROS
113 Herawati H 1999 Pendidik Sdit
114 Jamilatul Latifah M 1999 Guru Dinas Pendidikan Kab. Mamuju
115 JUMASRIAH 1999 Guri SMPN 1 SUKAMAJU
116 Nani Ariany 1999 Guru SMAN 2 Polombangkeng Utara, Takalar
117 NURHUDA 1999 Staff CRP Kalla Toyota Sidrap
118 Rahmawati 1999 Dosen Akademi Analis Kesehatan Muhammadiyah Makassar
119 Rahmy ressa 1999 Bumn PT BNI
120 Saharuddin 1999 Guru SMK SMTI Makassar 
121 Saldi 1999 Pertambangan PT. Vale Indonesia, Tbk
122 SURYANINGSIH  1999 PERBANKAN BRI
123 Umar Kasmon 1999 Mining PT. Vale Indonesia
124 Ahmad Sofyan 2000 PNS Dinas Kesehatan Kabupaten Bima
125 ASDIYANI 2000 PNS Bapedalda Kab. Mamuju
126 Darnah 2000 Keuangan PT. Esaputlii
127 Ditta Andyarini Hartoko 2000 Pendidikan SMK-SMAK Makassar Kementerian Perindustrian
128 Dwi Maryani 2000 Pendidikan  Sdit AL Insyirah 
129 Fatmawaty AT 2000    
130 Muh, Suditomo 2000 Apoteker Penanggungjawab SIMRS Farmasi RSUP. dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar
131 MUTMAINNAH, S.Si 2000 Lingkungan hidup Dinas lingkungan hidup Kab. Kolaka
132 Natalia Tandi Ayu 2000 Guru Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS)
133 Nur Umriani Permatasari Umar 2000 Kimia Universitas Hasanuddin
134 Nursamsiar 2000 Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar
135 Nurul Fitriah 2000    
136 Rosmawaty 2000 Dosen Kimia FMIPA Universitas Pattimura Ambon
137 Salmiati 2000 PNS Sekretariat DPRD kab. Mamasa
138 subiyanto 2000 pegawai negeri sipil Dinas Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
139 Umar Chalid 2000 Perbankan Bank BRI
140 wery aslinda 2000 kependidikan Politeknik Kesehatan Palu
141 Yunus 2000 Wiraswasta Kab. Mamasa
142 Zarlina Zainuddin 2000 PNS BPPT
143 A. Ita Juwita 2001 Dosen Politeknik Pertanian Negeri Pangkep, Program Studi Agroindustri
144 Ahmad Nanang Kadir, S.Si, M.Pd 2001 Dosen STIKES Bina Mandiri
145 Andi Fahri 2001 Guru Kimia dan IPA Yayasan Budi Utomo Makassar
146 Ayu susilawati baginda 2001 Swasta  
147 Budi yaman 2001 Polri Polri
148 Deby angelia rante 2001 Finance Pt. Nusantara surya saktu
149 gulam hadiasman 2001 Manufacturing Production Control & Sales
150 I WAYAN OKADIANA 2001 PERBANKAN PT. BANK MEGA, TBK
151 Imran Umar 2001 Quality Control Lab SOS Fluid Analysis Lab, PT. Trakindo Utama
152 Muh. Habibi 2001 Swasta (industri) PT. Mars Indonesia
153 Muhammad Tahir 2001 Lingkungan Hidup Dinas LH Pemkab. Luwu Utara
154 Rachmin Munadi 2001 Dosen Kopertis Wilayah IX
155 Tamrin 2001 PNS Sekretariat DPRD Tolitoli
156 Dwi surya 2002 LAB KES  DINKES 
157 Fitria Azis 2002 Laboran Uin Alauddin Makassar
158 Herlina,S.Si 2002 PNS Guru SMAN 1 Malua (SMAN 6 ENREKANG)
159 Herryadi 2002    
160 Irma Suryani 2002 Internet Marketing Swasta
161 Nasry Makkala 2002 Pemda DLH Provinsi Sulawesi Tengah
162 NURLINA 2002 Analis Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Kab.Maros
163 Syamsul Bahri 2002 Laboratorium Lingkungan BLHD Prov. Sulsel
164 Yuniarni yunus 2002   Kementerian ATR/BPN
165 Jean Loto Payung 2003 Lab & QC Swasta
166 Lisya febrianty syam 2003    
167 Noor Asdianah Asri 2003 Karyawan Swasta  
168 Rahmawati Syahril 2003 Karyawan Swasta  
169 rosita ropi 2003 tenaga pendidik poltek paser kaltim
170 SATRIADI 2003 PERBANKAN  
171 Selpa 2003 Konsultan Oriflame PT Orindo Alam Ayu
172 UMI KALSUM 2003 PNS Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab. Gpwa
173 ABDUL MUIS PATTA 2004 Pendidikan SMK-SMAK Makassar
174 AHMAD BIADI 2004 Produksi & Quality Control PT. BUMI SARANA BETON
175 Andi Ichwan Akbar Semesta 2004 Swasta  
176 Aslan Irunsah 2004 Guru SMA GIBS
177 Erna Mayasari 2004 Dosen Unhas
178 Fatimah 2004 pns sman 4 parepare
179 Hanna Attong 2004 industry  
180 kiki rezki wahyu 2004 perusahaan makanan sales
181 Marhamah B. 2004 PNS BLHD prov.SulSel
182 Nur Rochman 2004 Finance PT. Bank Mandiri
183 Ratih Indah Mutiara Permata 2004 Analis Laboratorium Pengujian Kementrian Perindustrian
184 Alfian Nasir Maidin 2005 Farmasi PT. INDOFARMA, TBK
185 Andi Nur Amalia Ahlima 2005    
186 Farida 2005 UPT Laboratorium  Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup
187 IBNU KUDDAMAH 2005 WIRASWASTA PT. GOMBARA CITALAND
188 Indrayanti Sukiman 2005 Documen kontrol PT. Makassar Tene
189 Sukarti 2005 Dosen Kopertis wilayah IX sulawesi, dpk di universitas cokroaminoto palopo
190 Waode syafitri Mariani 2005 Laboratorium Dinas Kesehatan
191 Andi Yanti Puspita Sari 2006 Wiraswasta  
192 Bhakti Wiguna Moo 2006 Bankir PT Bank Mandiri (persero) tbk
193 Dian Ranggina 2006 Dosen  Politeknik ATI Makassar
194 Gusti. S 2006 Research & Development PT. Mars Indonesia
195 Indriyani 2006 Perbankan  
196 Kardinopel Kombong 2006 Laboratory PT. IOL INDONESIA
197 MUH. RAMDHAN DJAFAR, S.Si 2006 Perbankan PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk
198 Muhammad Yusuf 2006 Analis QC/QA PT. BUMA Intinaker
199 Nurmala Sari 2006 Pengajar Stikes mega rezky makassar
200 Reski Baharia Oktaviani BM 2006 QA Analyst PT.Mars Indonesia
201 Rusdian sanjaya 2006 perbankan BTPN
202 YUSTIN 2006 Karyawan Swasta PT. MANDALA MULTIFINANCE, TBk
203 A. Tenri Waru Batari 2007 Perdagangan dan Jasa PT Talenta Indonesia
204 Agnes Rantesalu 2007 Pendidikan STIKes Mega Rezky Makassar
205 Andi Normalah Dewi 2007 Chocolate Manufacturing  
206 Ariesta C.B. Azis 2007 PNS PEMKOT MAKASSAR
207 Isti Nurillah 2007 Dosen UIN Makassar
208 Muhammad Risal 2007 Marketing Bank Rakyat Indonesia Kanca Sungguminasa Gowa
209 Mulyani Apriyanti 2007 Finance Accounting PT. Trisapta Jaya
210 Ni Kadek Ayu Novia 2007 Guru swasta SMK Farmasi Yamasi Makassar
211 Rasmianti rasyid 2007    
212 Rizki Amaliyah, S.Si., M.Sc. 2007 Laboratorium Pengujian Badan Pengawas Obat dan Makanan RI
213 Sukriadi 2007 Manufaktur PT. Meratus Jaya Iron & Steel
214 Tanti Iryanti 2007 Wirausaha  
215 Wa Ode Mulyana 2007 Dosen non PNS Universitas Halu Oleo
216 abd. rahman 2008 Pegawai Swasta  
217 ARKIEMAH HAMDA 2008 Guru SMAN 9 Bulukumba
218 Asbullah Ahmad 2008 Assayer QC Lab PT. Freeport Indonesia
219 Bulkis Musa 2008 Mahasiswa Universitas Hasanuddin
220 Dewianti P.  Parura 2008 Peralatan Laboratorium PT. Genecraft Labs
221 ELVOLISTIA NATALIA LIMBU 2008 CUSTOMER SERVICE PT TELKOMSEL
222 Fadliah 2008 Dosen  
223 Haidil Damin 2008 Lab. Operasional Technician PT. Buma Intinaker
224 Kaltri 2008 Nutrition Nestle
225 Maria Claudia Vega Centmeier 2008    
226 MUHAMMAD SYARIF AQA'ID 2008    
227 Murniyati Muis 2008   PT. Sarana Komindo Utama
228 Syadza Firdausiah  2008 Dosen Universitas Hasanudin 
229 TRI AYU PUTRI 2008 SENIOR SPV MARKETING FIELD OPERATION PT NESTLE INDONESIA
230 Tri Widayati Putri 2008 Mahasiswa pascasarjana UNHAS
231 Yusi Anda Rizky 2008 Technician laboratory Freeport
232 ADOLFINA RANTE PADANG 2009    
233 Alfani Maring datu 2009 PNS Kementrian Kesehatan
234 ANDI DZULVIANA DEWI 2009 QUALITY ASSURANCE  PT SARANA PRIMA MULTI NIAGA PALM OIL MILL
235 Ayu Indayanti Ismail 2009 Dosen STIK Tamalate
236 Ayusti Dirga 2009 Mahasiswi  
237 Erny Rosmawati 2009 Pemberdayaan Masyarakat PNPM MPd Mandiri
238 Esty yunita lembang 2009 Jasa Inspeksi teknis  PT. Titis Sampurna Inspection
239 Grace Imeilda Sarubang 2009 Staff Commercial swasta
240 Ikbal 2009 Farmasi PT. Bohringer Ingelheim
241 Iryanthi Faridah Saiful 2009 Karyawan Swasta  
242 Isnaningsih 2009 Admin  
243 Jamaludin Nur 2009 Jasa inspeksi teknik Swasta
244 Maria Mardiana Sahusilawane, S.Si 2009 PNS BAPEDAL Provinsi Maluku
245 Marthinus Pongsendana 2009 Akademisi (Fresh graduate) Unibersitas Gadjah Mada
246 Mufti Mutia 2009 marketing PT. EISAI INDONESIA
247 Nurul Ahdan 2009 LSM AIESEC
248 nurul wahyuningsih 2009    
249 Raymond Kwangdinata 2009 Industri makanan Swasta
250 Rizky Febrina Irwan 2009   Dinas Peeindagkop dan UMKM Kab. Bulungan
251 Rosmelinda 2009    
252 shela aprilia kartika 2009 kesehatan swasta
253 SHERLY LEO 2009 Property  
254 Stephanie Tunggala 2009 Perusahaan swasta  
255 Wira Yuliadha S. 2009   Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal) Maros
256 Abd salam 2010 Belum bekerja  
257 Alfiah Alif 2010 Mahasiswi Institut Pertanian B
258 Andi Agung Perdana 2010    
259 Andi Asdiana Irma Sari Yusuf 2010 mahasiswa pasca ITB
260 Ferawati Tamar Jaya 2010 Perbankan Bni life
261 Hafiludin Uli 2010    
262 Hariyono suyono  2010 - -
263 Herlina Rasyid 2010 Mahasiswi Universitas gadjah mada
264 Ibtisamatul aminah 2010    
265 Muh. Ade Artasasta 2010 Pelajar Universitas Andalas
266 Muh. Hasriandy Asyhari 2010 Mahasiswa S2 IPB  
267 Muhammad Niswar 2010 wirausaha  
268 Nesty Mudi Tumale 2010 Staff administrasi Bag.  Perekonomian dan pembangunan setda kab.  Mimika
269 Nursyamsih Baharsyah Bakhtiar 2010 Laboran Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan di Samarinda
270 Rahmi Mukhlisah Syahril 2010    
271 Rina Dwinata 2010    
272 Riskal Hermawan 2010    
273 Rizky Dermawan 2010 Laboran Bosowa School Makassar
274 Sukmawati usman 2010 Peneliti IPB
275 Sulistiani Jarre 2010 Guru Swasta Bosowa School Makassar
276 Tri Astuti Ramli 2010    
277 Hardianti 2011    
278 Harjuma 2011 Pengajar SBL
279 Marlinda 2011 Pegawai Swasta PT. DSSP Power Kendari
280 Mashyta Dwi Pratiwi 2011 Pegawai Swasta PT. DSSP Power Kendari
281 Mutia Nur Rahmi 2011 Ibu Rumah Tangga  
282 Muzdalifah Waleulu 2011 - -
283 Nur Asmi 2011 Belum bekerja -
284 Rahmi mar'atus soleha 2011 Swasta Nestle
285 Egi Heury Purnomo Rampao 2012 Qc PT. Inti Celluloseutama Indonesia

 Ikakimia Unhas bekerjasama dengan Departemen Kimia FMIPA Unhas dan Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA Unhas menggelar seminar singkat dengan tema ‘Toward an Applied Research From Marine to Etalase’. Tema tersebut dilatarbelakangi fakta bahwa riset terkadang hanya menghasilkan setumpuk laporan dan publikasi tanpa pernah dirasakan masyarakat hasil nyatanya. Untuk itu, Ikakimia Unhas mencoba memperkenalkan hasil-hasil riset berbasis rumput laut dan teripang.

Salah satu produk riset unggulan yang sudah dikomersilkan adalah kolagen teripang dari penelitian Balai Besar Riset Pengolahan Produk Bioteknologi Kementerian Kelautan dan Perikanan (BBRP2BKP) yang diaplikasikan ke dalam bentuk kosmetik. Untuk membahas inovasi tersebut, Ikakimia Unhas menghadirkan peneliti andal dari BBRP2BKP, Dr. Ellya Sinurat dan perwakilan dari PT. Indonesia Marine Cosmotech, Febby.

Perwakilan dari BBRP2BKP dan PT. Indonesia Marine Cosmotech dihadirkan lantaran merupakan pihak yang paling memahami inovasi terkait riset rumput laut dan teripang menjadi komestik. Sekadar informasi, BBRP2BKP telah resmi menjadi Pusat Unggulan IPTEK (PUI) Bahan Aktif Laut yang ditunjuk oleh Kemenristekdikti sejak tahun 2016. Sedangkan, PT. Indonesia Marine Cosmotech merupakan yang perusahaan yang berhasil memanfaatkan produk hasil laut.

Peneliti BBRP2BPK Dr. Ellya dalam seminar di Unhas berbagi cerita mengenai riset rumput laut yang telah dilakoninya selama belasan tahun. Disampaikannya pula tips bagaimana mengupayakan agar riset dapat menghasilkan end product. Sedangkan Febby yang mewakili PT. Indonesia Marine Cosmotech, menyampaikan product knowledge dari Teripang. Pengenalan tentang keunggulan produk itu sangatlah penting sebelum peserta menggunakan dan juga memasarkan.

Durasi pelaksanaan seminar berlangsung singkat dikarenakan kedua narasumber juga sedang mengikuti pameran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang diselenggrakan di Makassar. Dari kegiatan ini diharapkan peserta dapat berkenalan lebih lanjut, dan memikirkan kemungkinan kerjasama ke depan.

ELISA adalah kependekan dari Enzyme-linked immunosorbent assay, merupakan uji serologis yang pada umumnya digunakan pada laboratorium imunologi. Uji ELISA sering digunakan dilaboratorium karena dikenal relative mudah pengerjaan, hanya membutuhkan peralatan yang relative sederhana serta sangat ekonomis. Kecendrungan peneliti memakai ELiSA dikarenakan tingkat spesifisitas dan sensitivitas yang tinggi, sehingga sangat membantu untuk mengetahui antigen atau antibody yang terdapat dalam sampel.

 

IKAKIMIA UNHAS sebagai organisasi dimana alumni Kimia dari berbagai profesi berhimpun melihat bahwa teknik ELISA ini masih belum dikenal oleh banyak praktisi. Ada yang menegenal namun belum memiliki skill untuk mengoperasikan maupun melakukan diagnosa menggunakan ELISA ini. Sehubungan dengan hal tersebut, maka IKAKIMIA mengadakan “ELISA Diagnostic Wet Course”. Training ini dinamakan wet course karena sekaligus akan dilakukan analisa menggunakan sampel yang dibawa oleh peserta, dan peserta diberikan kesempatan untuk melakukan uji secara mandiri.

·         Ikatan Keluarga Alumni Jurusan Kimia FMIPA Universitas Hasanuddin (IKAKIMIA UNHAS) dengan tim kerja : Ahmad Musa Said, Wahjuddin Junus, Bulkis Musa,Hafiluddin Uli dan Riskal Hermawan

·         Departemen Kimia FMIPA Universitas Hasanuddin melalui Dr. Indah Raya, M.Si. dan Dr. Abdul Karim, M.Si

 

·         Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA Universitas Hasanuddin dengan tim kerja : , Ayu Puspitasari, Ricky, Zulfajri dan Ibrahim beserta MC, pembaca doa dan ayat suci al Qur’an.

·         PT. Biozatix Indonesia : Narasumber, ELISA Reader, Kit, Transport Trainer, Sertifikat dan Seminar Kit

 

·         Balai Riset Budidaya Ikan Hias – Kementerian Kelautan dan Perikanan : Ahmad Musa Said sebagai Trainer dan Perlengkapan ELISA (Micropipet, Microtip, Reagen chamber, ELISA plate)